nusabali

Yard Built Indonesia, Builder Bali Kelihatan Ganasnya

Custom Yamaha XSR 155 Menjadi Acuan dan Inspirasi

  • www.nusabali.com-yard-built-indonesia-builder-bali-kelihatan-ganasnya

DENPASAR, NusaBali.com – Dunia custom atau modifikasi di Indonesia tak pernah mati. Bahkan di masa pandemi, semangat melahirkan karya-karya terbaik masih sagat tinggi dan layak dijadikan sebagai acuan.

Seperti yang ditunjukkan oleh empat builder ternama dari Bali.  Sejak beberapa waktu lalu mereka asik mengoprek motor sport Yamaha XSR 155 dengan gaya khas masing-masing untuk event Yard Built Indonesia. 

Deus Ex Machina  dengan Anthony Mclnerheney sebagai concept creator menampilkan karya Temple of Enthusiasm. Custom XSR 155 ini terinspirasi dari motor legenda Yamaha ‘Aka-Tombo’ (Red Dragonfly).  Aka-Tombo adalah motor pertama produksi Yamaha Motor Company.  Di bawah polesan Deus Ex Machina, XSR 155 memancarkan jiwa ‘Moto & Surf’ yang memberikan kesenangan dan membawa keseruan. 

Lain halnya dengan Treasure Garage yang menyajikan karakter ‘Modern Futuristic Supermoto’ yang out of the box.  XSR 155 dibikin futuristic, namun fungsionalnya yang lincah bermanuver di jalanan tidak ditinggalkan. 

Sementara itu dari Kedux Garage melahirkan karya dengan penjiwaan dan orisinalitas yang dituangkan dalam sketsa yang mentransformasikan XSR 155 custom ‘Black Dog’. Kedux Garage sudah jadi builder motor custom yang cukup dikenal di Bali, bahkan sudah beberapa kali mengikuti kontes motor custom hingga ke luar negeri.

Sedangkan AMS Motorcycle Garage yang kental dengan garapan body berbahan alumunium, mengubah XSR 155 bergenre Café Racer menjadi ‘Sang Macan’. 

Yard Built Indonesia sendiri adalah pengembangan program Yamaha Yard Built  yang awalnya dimulai di Eropa dan Amerika. Program ini menggandeng para custom builder di tanah air untuk berkolaborasi memodifikasi Yamaha XSR 155.

“Program Yamaha Yard Built sendiri merupakan suatu bentuk kerja sama kolaborasi antara pihak pabrikan dengan para custom builder untuk menciptakan dream bike terbaiknya. Melalui program ini, nantinya akan lahir All New XSR 155 dalam beragam aliran gaya modifikasi. Café Racer, Tracker, Bomber maupun genre-genre lainnya untuk menjadi inspirasi dan referensi bagi calon konsumen saat hendak memodifikasi motornya sesuai dengan karakter yang diinginkan,” ujar Promotion DDS Yamaha Bali, Andri Fistulariyanto.

Sebelum menggandeng builder kenamaan Pulau Dewata, program ini juga  bekerjasama dengan builder handal di area Jawa, di antaranya adalah 4 builder profesional dari Jabodetabek yaitu Andi Akbar (Atenk) dari Katros Garage, Donny Ariyanto (Studio Motor), Rizqi Pratama (Lemb Inc.) dan Erwan Sudiarto (32 Kustoms). Dilanjutkan berkolaborasi dengan 4 modifikator asal Bandung yakni Purnama Sultan (Glanets Radical Kustom), Chandra (Pickers Store), Franky Mory (Yasashii Garage), Susanto Gunawan (Speedking Garage).

”Program Yard Built ini adalah kesempatan bagus untuk bengkel-bengkel memamerkan hasil kerja mereka dengan kreasi berbeda yang menarik. Sangat menggairahkan,” kata Andri. 

Di beberapa negara, program Yard Built disebut mampu menjadi inspirasi buat konsumen jika ingin melakukan kustomisasi dengan tetap mempertahankan aspek safety riding dan legal jalan raya. 

Untuk tahap awal Yamaha Yard Built Indonesia ini ada empat builder yang diajak kolaborasi buat custom Yamaha XSR 155 dengan berbagai style. Ada Andi Akbar buider muda dari Katros Garage, Donny Aryanto builder Studio Motor,  Erwan Sudiarto builder dari 32 Kustom, dan Seorang desainer motor custom yang juga builder Rizky Lembinc. Lewat tangan dinginnya menghadirkan berbagai style XSR 155 yang tentunya lekat dengan karakter garagenya.

Para builder yang mendapat PR menggarap XSR 155 pun senang bukan kepalang.  ”Aslinya motor ini sudah neo klasik dan enak untuk dicustom. XSR 155 ideal untuk custom, baik itu gaya tracker, café racer dan lainnya. Saya senang sekali sudah dipercaya buat custom XSR 155 ini, dan dapat menumpahkan idealisme. Jadi bangga sekali bisa terpilih dari sekian banyak bengkel yang ada di Indonesia,” ucap Putu Ajus dari AMS Motorcycle Garage.

Pujian juga dilayangkan Imanuel Prakoso dari Tresure Garage. ”Bagi saya, XSR 155 motor yang siap dibawa kemana saja karena ini jenis sport dan retro scrambler, yang juga bisa dipakai di jalanan offroad, di Indonesia. Mesinnya enak. Overall salah satu yang terbaik di kelasnya, bisa dipakai on road dan off road.”  

Sedangkan concept designer Deus Ex Machina, Anthony Mclnerheney, menganggap banderol harga XSR 155 dinilai tepat. ”Menurut saya, XSR 155 motor yang sangat bagus untuk Indonesia, harganya pun sesuai. Dengan kapasitas mesin 155 cc cukup cepat saat menggunakannya, motor ini punya platform yang bagus,” kata Anthony. 

Meskipun bergaya klasik motor yang dibanderol OTR Bali Rp 38.130.000 ini hadir dengan mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC 4 langkah berpendingin cairan yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA. Soal tenaga pun tidak perlu diragukan karena tenaga yang dihasilkan maksimum 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8.500 rpm.  ”XSR 155 adalah motor yang memiliki teknologi bagus, spare part bagus dengan harga terjangkau. Desainnya mengikuti selera pasar,” tutur Komang Gde dari Kedux Garage. *mao


Komentar