nusabali

Mahasiswa UMN Tangerang Gelar Pameran Seni di Denpasar

  • www.nusabali.com-mahasiswa-umn-tangerang-gelar-pameran-seni-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Tak mau karya seninya menjadi koleksi pribadi atau kampus, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual dari  Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang mengadakan pameran seni di Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar, 25-27 Juni 2021.

Gelaran bertajuk Kirana Dakara Vo. 2, merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual, terutama yang telah mengambil matakuliah Photography Advance.  “Bali dipilih sebagai tempat pameran karena Bali merupakan salah satu pusat seni di Indonesia dan banyak komunitas seni asing maupun lokal yang mungkin bisa diajak bekerjasama,” kata Jonathan Perdana, penanggungjawab event, Jumat (25/6/2021).

Selain karya fotografi, pameran yang telah menggenggam sertifikat skala nasional tersebut juga memamerkan karya-karya seni lainnya seperti lukisan, hingga instalasi seni.

 
Sebelum pameran di Bali, mahasiswa UMN juga sudah mebawa karya-karyanya di Jakarta dan Bangkok (Thailand). “Ini sebenarnya ajang tahunan, sebelumnya tahun 2019 dilakukan di Jakarta dan Bangkok oleh kakak tingkat kami, dan tahun lalu ditiadakan karena pandemi. Baru sekarang bisa dilaksanakan lagi,” ujar Jonathan, mahasiswa semester IV UMN ini.  

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran tersebut, ujar Jonathan, merupakan hasil karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang dibuat untuk mengikuti ujian semester ketika mengambil matakuliah Photography Advanced dan ditambah beberapa dari karya pihak ekternal kampus.

Selain kegiatan pameran seni, ia mengatakan kegiatan ini juga akan diisi dengan workshop atau diskusi mengenai teknik fotografi yang akan dibawakan oleh salah satu dosen Desain Komunikasi Visual UMN yang diagendakan Sabtu (25/6/2021).

Sementara itu karya-karya yang ditampilkan pada pameran tersebut terlihat banyak memunculkan sosok perempuan sebagai objek atau modelnya. Ditanya mengenai hal tersebut, Jonathan mengakui bahwa perempuan ingin ditampilkan sebagai sosok yang kuat.

“Banyak perempuan Indonesia yang juga bertindak sebagai pahlawan Nusantara. Perempuan-perempuan tersebut selain memiliki kecantikan, juga memiliki sisi kekuatannya sendiri yang akan membuat sosok perempuan akan selalu dapat dikenang.”  “Seperti makna dari Kirana Dakara itu sendiri, yaitu kecantikan yang dapat dikenang sepanjang masa,” pungkas Jonathan. *adi

Komentar