nusabali

BPIP Libatkan KMHDI dan OKP Lainnya Bumikan Pancasila

  • www.nusabali.com-bpip-libatkan-kmhdi-dan-okp-lainnya-bumikan-pancasila

JAKARTA, NusaBali
Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia (PP KMHDI) menghadiri Rapat Pembahasan Usulan Kesepakatan Rencana Aksi Bersama Pembumiaan Pancasila Bersama Ormas Kepemudaan dan Kebangsaan yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Gedung BPIP, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (22/6).

Selain KMHDI hadir pula GMKI, PMKRI, HMI, PMII, BM Kosgoro, GPP dan Hikmabudhis. PP KMHDI diwakili Ketua Departemen Sosial Kemasyarakatan Deni Krisnandi dan Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan Lira Hartami. Sementara dari BPIP ada Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Elfrida Herawati Siregar serta Wakil Kepala BPIP Haryono.

"Hasil rapat, BPIP akan berkolaborasi dengan Ormas Kepemudaan dan Kebangsaan dalam membumikan Pancasila," ujar Deni kepada NusaBali usai pertemuan, Selasa (22/6). Dalam rapat tersebut, Deni menyampaikan, membumikan Pancasila tidak hanya sebatas dialog.

Melainkan terjun langsung ke masyarakat di desa-desa pedalaman. Dengan begitu dapat membangun desa dan karakter masyarakat desa pula. KMHDI telah melakukan hal tersebut melalui program KMHDI Mengajar. Di mana Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) KMHDI memberikan pemahaman tentang Pancasila kepada anak-anak desa yang mereka sambangi.

Anak-anak desa pedalaman, kata Deni, banyak belum memahami Pancasila dan bagaimana mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. KMHDI pun, mengajarkan mereka untuk toleransi. Caranya dengan menghargai kalangan berbeda dan bekerjasama dengan mereka. Oleh karena itu, KMHDI menyambut baik rencana kolaborasi BPIP dengan Ormas Kepemudaan dan Kebangsaan untuk membumikan Pancasila. *k22

Komentar