nusabali

Hiasan Kepala Kerbau Antar Kadis Pariwisata Jembrana ke Tahanan Kejari Negara

  • www.nusabali.com-hiasan-kepala-kerbau-antar-kadis-pariwisata-jembrana-ke-tahanan-kejari-negara

NEGARA, NusaBali.com - Kejaksaan Negeri Negara, Kabupaten Jembrana menahan Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Jembrana, I Nengah Alit (INA), atas dugaan korupsi pengadaan hiasan kepala pacuan kerbau makepung atau rumbing.

"Kami sudah menerima pelimpahan berkas perkara dari Unit Tipikor Polres Jembrana, lalu tersangka dilakukan penahanan," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Negara Gusti Ngurah Arya Surya Diatmika, Rabu (23/6/2021).

Ia mengatakan, kasus ini menyebabkan kerugian negara Rp 200 juta lebih, karena dari dana Rp 300 juta yang seharusnya untuk pengadaan rumbing baru, namun hanya digunakan perbaikan rumbing.

"Dari pemeriksaan BPKP, perbaikan rumbing tersebut hanya menghabiskan Rp 12 juta, sementara anggaran yang dikeluarkan Rp 300 juta. Akibat modus tersebut, kerugian keuangan negara mencapai Rp 200 juta lebih," ungkapnya.

Selain INA, penyidik juga menetapkan satu orang lagi berinisial IKA sebagai tersangka dan menahannya. Dalam perkara ini, IKA bertindak sebagai penghubung untuk pengadaan rumbing tahun 2018.

Diatmika mengatakan, kasus kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 Undang-Undang Nomer 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Kami menyiapkan enam jaksa untuk menangani kasus ini. Terhadap tersangka juga sudah dilakukan rapid antigen, sebelum dititipkan di ruang tahanan Polsek Mendoyo," tuturnya.

Dana pengadaan rumbing untuk makepung yang merupakan kesenian atraksi khas Kabupaten Jembrana ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAU) Bantuan Keuangan Pajak Hotel Restoran Kabupaten Badung 2018.*ant

Komentar