nusabali

11 Desa di Gianyar Gelar Pilkel Serentak Awal 2022

  • www.nusabali.com-11-desa-di-gianyar-gelar-pilkel-serentak-awal-2022

GIANYAR, NusaBali
Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak Kabupaten Gianyar akan diikuti 11 desa di awal tahun 2022 mendatang.

Proses penjaringan calon perbekel mulai dilaksanakan November tahun ini. "2021 tidak ada Pilkel, namun proses sudah dimulai jelang akhir 2021," ujar Kadis PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, Selasa (22/6).

Ngurah Adi menjelaskan 11 desa yang akan menggelar Pilkel serentak 2022, yakni Desa Kelusa, Kecamatan Payangan; Desa Pejeng Kangin, Sanding, Pejeng Kelod, Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring; Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh; Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati; serta Desa Petak, Temesi, Tegaltugu, dan Desa Lebih, Kecamatan Gianyar. Ke 11 desa ini ada yang masa jabatan perbekelnya satu kali dan sudah dua kali. "Untuk jabatan perbekel, bisa dipilih sebanyak tiga kali, tergantung nanti apakah perbekel yang menjabat sekarang mencalonkan diri lagi atau tidak," jelas Ngurah Adi.

Untuk mekanisme pemilihan tidak jauh berbeda dengan Pilkel sebelumnya, baik persyaratan dan tata cara pemilihan. "Namun pelaksanaannya dengan prokes yang ketat, tidak ada toleransi agar tidak ada klaster baru lagi," tambahnya. Sebagai acuan, Badung dan Buleleng yang telah melaksanakan Pilkades serentak sudah sukses dan menaati prokes covid-19. Sedangkan untuk anggaran terpasang di ADD disesuaikan dengan jumlah penduduk dan pemilih. *nvi

Komentar