nusabali

Wajib Buka Rekening Bank dan Daftarkan Handphone

Pedagang Pasar Blahbatuh Disiapkan Bantuan Dana

  • www.nusabali.com-wajib-buka-rekening-bank-dan-daftarkan-handphone

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, kini menyiapkan pencairan bantuan dana atau stimulus kepada ratusan pedagang korban kebakaran Pasar Blahbatuh, Selasa (15/6).

Setiap pedang yang ingin stimulus wajib punya rekening bank dan mendaftarkan nomor handphone kepada pendata.  

Hal itu diungkapkan Kepala Pasar Umum Blahbatuh I Gusti Ngurah Erawan, Selasa (22/6). Kata dia, pihaknya kini sedang menyiapkan

Pendataan para pedagang yang akan menerima stimulus. Syarat untuk menerima bantuan itu, pedagang wajib menyerahkan kartu keluarga (KK), KTP, mengisi nomor HP dan selembar materai Rp 10.000. "Ini sebagai persyaratan untuk membuat buku rekening sebagai penerima bantuan stimulus dari pemerintah daerah," ucapnya.

Ngurah Erawan menambahkan waktu pendataan pedagang selama 4 hari,  Selasa (22/6) - Jumat (25/6). Namun akan dipercepat menjadi 2 hari. "Undangan pendataan pedagang sudah kami sampaikan ke 605 pedagang sehingga proses pendataan bisa dipercepat," jelasnya.

Sementara itu, sebelumnya, hasil rapat di DPRD Gianyar dihadiri unsur OPD terkait, Camat, Bendesa Adat Blahbatuh, Kepala Pasar, dan lainnya, telah menyepakati memberikan stimulus dari Pemkab Gianyar kepada 605 pedagang yang terdampak kebakaran. Pedagang dimaksud karena terdampak kebakaran Pasar Umum Blahbatuh. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar Luh Gede Eka Suary, Selasa (22/6), mengatakan Disperindag Gianyar mulai Selasa (22/6) - Jumat (25/6), akan mendata 605 pedagang yang berhak mendapat stimulus tersebut.

Dia menyampaikan total pedagang di Pasar Umum Blahbatuh 629 pedagang. Namun yang berhak mendapatkan stimulus 605 pedagang. Dia menjelaskan sesuai arahan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Disperindag agar memfinalisasi jumlah pedagang penerima stimulus. Kata dia, penyaluran stimulus dilakukan oleh petugas dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan penyiapan tempat relokasi pedagang dilakukan Dinas PUPR Gianyar. "Pedagang Pasar Umum Blahbatuh yang menerima stimulus  ini karena menempatkan barang dagangan di pasar, dan pasar terbakar,   sehingga merasakan dampak kebakaran itu," jelas Eka Suary.

Ditegaskan, 605 pedagang penerima stimulus terdiri dari pedagang toko 22, pedagang los 188, kios 56, dan sisanya pedagang di pelataran. *nvi

Komentar