nusabali

Rayakan Bulan Bung Karno, Camat dan Perbekel Tanam Pohon

  • www.nusabali.com-rayakan-bulan-bung-karno-camat-dan-perbekel-tanam-pohon

AMLAPURA, NusaBali
Camat Bebandem I Gusti Ayu Putu Wija Sri Anjani bersama perbekel se-Kecamatan Bebandem dan warga tanam pohon di Banjar Tiyingan Kauh, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (21/6).

Pohon yang ditanam yakni 13 bibit sawo, 13 bibit cempaka, dan 13 bibit sirsak di lahan milik Desa Adat Bebandem. Bantuan bibit dari Dinas Lingkungan Hidup Karangasem. Tanam pohon ini serangkaian perayaan Bulan Bung Karno.

Perbekel Desa Bebandem I Gede Partadana mengatakan, walau bibit yang ditanam jumlahnya terbatas, asalkan dijaga dan dipelihara maka bisa tumbuh optimal. Sehingga ke depan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Sementara Perbekel Sibetan, Kecamatan Bebandem I Made Beru Suryawan juga memimpin warganya melakukan penghijauan. Pohon yang ditanam di delapan desa se-Kecamatan Bebandem sebanyak 500 pohon.

Sementara perbekel se-Kecamatan Selat bersama-sama menggelar penghijauan di Pura Beji Bukit Sembung, Banjar Perangsari Tengah, Desa Duda Utara. Penanaman pohon dipimpin Camat Selat I Nengah Danu. Bibit yang ditanam yakni sirsak, juet jamblang, cempaka, dan cengkih sebanyak 1000 pohon. Penanaman pohon bersinergi dengan pemilik lahan di Pura Beji Bukit Sembung.

Camat Selat I Nengah Danu mengatakan, dengan menggelar penghijauan setidaknya melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya melakukan penanaman pohon untuk kesejahteraan. Banyak manfaat pohon, selain meningkatkan kesuburan lahan, sirkulasi udara jadi bersih, menyerap air hujan, mencegah terjadi erosi, menahan struktur tanah agar tidak longsor, dan jangka panjang kayu yang dihasilkan bermanfaat untuk pembangunan.

Perbekel Desa Duda Utara I Wayan Suarman mengapresiasi penghijauan di Desa Duda Utara. Sebab di Desa Utara masih banyak lahan perlu dihijaukan. Walau selama ini tidak pernah terjadi musibah tanah longsor, tidak ada salahnya melakukan penghijauan menyasar lahan kosong terutama di bebukitan. *k16

Komentar