nusabali

Berdayakan Sahabat Disabilitas, JD.ID Bekali dengan Platform Digital

  • www.nusabali.com-berdayakan-sahabat-disabilitas-jdid-bekali-dengan-platform-digital

DENPASAR, NusaBali.com - Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan banyak pengusaha UMKM mengalami kemunduran usaha. Di antara pengusaha tersebut tidak sedikit yang juga merupakan para penyandang disabilitas.

Melihat itu, JD.ID bersama This Able Foundation menyelenggarakan pelatihan bertema Peningkatan Pendapatan Bagi Sahabat Disabilitas dengan Memanfaatkan Platform Digital pada Senin (21/6/2021).

Kegiatan di Ruang Diskusi, Dharma Negara Alaya menghadirkan sekitar 40 orang penyandang disabilitas dari beberapa komunitas disabilitas di Bali, seperti Komunitas Gerkatin, Bali Deaf Community, Rumah Berdaya, Perpadi, dan lainnya.

“Pandemi mengakibatkan para pelaku UMKM merasakan kesusahan, termasuk mereka pengusaha yang juga sekaligus penyandang disabilitas. Untuk itu kami ingin memperkenalkan bagaimana menjalankan usaha menggunakan platform digital,” ujar Adhi Pratama, Senior Media Relations Manager JD.ID.



Acara berlangsung sejak pukul 09.00 sampai 15.00 Wita dibagi  dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pengenalan JD.ID, motivasi dari pengusaha disability yang sukses, dan pengenalan aplikasi JD fans.

JD Fans adalah aplikasi social-commerce afiliasi resmi JD.ID yang dapat membantu para pengguna-nya, disebut sebagai ‘promoter’, untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, produk harga murah dan komisi.

Ia mengungkapkan selama pelatihan ini, selain banyak yang belum mengenal JD.ID, beberapa bahkan ada yang belum mengenal e-commerce sebagai platform belanja digital. Karena itu menurutnya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada para penyandang disabilitas.

Adhi pun memastikan setelah acara ini berlangsung para peserta tidak akan ditinggalkan begitu saja, melainkan akan tetap dipantau dan difasilitasi. Jika ada permasalahan dari para peserta maka mereka dapat menyampaikan permasalahnnya kepada tim JD.ID melalui grup yang telah dibuat sebelumnya.

Salah seorang penyadang disabilitas yang hadir pada acara tersebut, I Gede Agus Arnawa, mengatakan merasa bersyukur dapat mengikuti acara tersebut karena mendapat pengetahuan mengenai bagaimana menghasilkan pendapatan tambahan dari menggunakan aplikasi JD fans.

“Dengan aplikasi JD fans saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, saya akan coba jadi promoter nanti,” ujar pria yang mewakili Komunitas Perpadi.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra, yang menyempatkan untuk hadir pada acara tersebut menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya acara tersebut.

Ia mengaku siap memfasilitasi lebih lanjut program ini untuk memberikan akses kepada para penyandang disabilitas.

“Masih banyak yang bisa kita kerjakan, dan memerlukan suatu kebersamaan, termasuk pemerintah dalam memberdayakan penyandang disabilitas,” ujar kadis asal Buleleng tersebut.

Ia berharap setelah berlangsungnya acara pihak penyelenggara benar-benar tetap memfasilitasi perkembangan para penyandang disabilitas dalam menggunakan platform digital yang diberikan. Demikian pula bagi penyandang disabilitas, tidak boleh menyerah untuk berusaha dan apabila mendapat kesulitasan agar tidak segan bertanya kepada para fasilitator dalam hal ini tim JD.ID. *adi

Komentar