nusabali

Bupati Bantu 10 Korban Longsor

  • www.nusabali.com-bupati-bantu-10-korban-longsor

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana membantu 10 korban tanah longsor di Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Sabtu (19/6).

Bantuan paket dari BPBD dan Dinas Sosial itu juga dibagikan untuk korban tanah longsor di Banjar Kaler, Desa Antiga, Kecamatan Manggis. Bupati Gede Dana turun menemui para korban didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, Kadis Sosial I Gede Basma, Plt Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa, Camat Manggis Ida Nyoman Astawa, Perbekel Antiga I Made Madra Arsana, Perbekel Gegelang I Dewa Komang Parwata, dan Kelian Banjar Telengan I Made Pasek Astawa.

Tiap paket bantuan berisi family kit, paket sandang, 5 kilogram beras, selembar selimut, selembar matras, lauk pauk siap saji, makanan tambahan, dan air mineral. “Ini bantuan dari pemerintah sebagai bentuk kepedulian kepada korban, saya berharap musibah tidak terulang lagi,” ungkap Bupati Gede Dana. Bencana alam sulit diprediksi, Bupati Gede Dana mengingatkan warga lebih waspada di saat musim hujan karena sering terjadi pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir. Terutama warga yang tinggal di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaannya.

Penerima bantuan di Banjar Telengan, Desa Gegelang yakni Jro Wayan Sabuh, I Wayan Suitra, I Komang Arjana, I Nyoman Sudiarta, I Wayan Merta Seregep, I Komang Sampun, I Wayan Cawi, dan I Nengah Selamet. Sedangkan yang menerima bantuan akibat rumahnya kena longsor di Banjar Kaler, Desa Antiga yakni I Made Geria, dan I Wayan Sudiarta dari Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Satu lagi yang menerima bantuan karena rumahnya kebakaran yakni I Made Ardana di Banjar Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD, Ida Ketut Arimbawa mengatakan, ada 33 titik bencana yang terjadi pada Kamis (17/6). Selain tanah longsor, ada juga musibah pohon tumbang, banjir, dan jalan tergerus. “Belum semuanya dapat penanganan. Prioritas yakni akses jalan tertimbun longsor agar bisa cepat akses jalan dibuka,” katanya. Salah seorang korban tanah longsor hingga dua kamar tidurnya rusak terjadi di Banjar Gamongan, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang. Korban tanah longsor, Ni Made Simpen, 38, belum tersentuh bantuan.

“Kami masih melakukan pendataan. Kami juga berkoordinasi dengan perbekel dan kelian banjar dinas untuk mendata para korban,” jelas Ida Ketut Arimbawa. Sementara dampak banjir di Desa Antiga dan Desa Antiga Kelod Kecamatan Manggis akibat air Sungai Betel meluap menghanyutkan empat sepeda motor dan dua ekor sapi. Motor ditemukan dalam kondisi rusak. *k16

Komentar