nusabali

Bupati Tamba Promosikan Potensi Jembrana

Pengurus PPMKI Bali Dikukuhkan di Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-promosikan-potensi-jembrana

NEGARA, NusaBali
Kabupaten Jembrana terpilih sebagai tuan rumah acara pengukuhan pengurus Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali tahun 2021-2024.

Pengukuhan dihadiri ratusan penggemar mobil kuno dari seluruh Bali dan beberapa daerah luar Bali, Minggu (20/6), di wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Acara itu dijadikan kesempatan Bupati Jembrana I Nengah Tamba untuk mempromosikan pariwisata dan UMKM Jembrana. Bupati Tamba mengatakan, acara pengukuhan PPMKI Bali yang dipusatkan di Kabupaten Jembrana ini, merupakan suatu hal yang tidak lepas dari pertemanannya dengan Ketua Umum PPMKI Pusat Denny Harywardhana. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, ratusan pengurus PPMKI yang hadir ke Jembrana juga sengat disebar mengikuti acara di 8 titik lokasi berbeda. “Karena yang hadir lebih dari 400 mobil, kami tidak bisa mengumpulkan di sini. Kami harus menjaga prokes kesehatan. Yang mengikuti langsung di acara pelantikan hari ini hanya tokoh dan pengurus PPMKI yang akan dilantik. Untuk sisanya mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jembrana,” ucapnya.

Menurut Bupati Tamba, kehadiran ratusan penggemar mobil kuno ini tentunya menjadi kesempatan sangat bagus untuk mengenalkan langsung potensi-potensi di Jembrana. Baik itu tempat-tempat wisata, budaya, tradisi, termasuk UMKM Jembrana. “Ini juga menyediakan ruang promosi untuk UMKM. Begitu juga memperkenalkan seni jegog, makepung, termasuk beberapa tempat-tempat wisata yang ada di Jembrana,” ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba mengatakan, beberapa waktu sebelumnya, dirinya sudah mencoba makanan tradisional bernama Bedetan Kocing (asinan ikan lemuru) hasil olahan ibu-ibu UMKM di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana. Dari upaya promosi itu, dirinya mendapat laporan bahwa sudah 1.200 lebih orang yang memesan produk Bedetan Kocing Perancak. “Yang order dari seluruh Indonesia. Bahkan ada dari Hongkong minta,” ujarnya.

Khusus dalam acara pengukuhan PPMK Bali tersebut, sambung Bupati Bupati, dirinya juga menyediakan sejumlah produk-produk UMKM kreativitas anak muda Jembrana. Salah satunya, produk Arak Buah Pala atau Arak Buah Jebugarum (bahasa Bali, Red) yang hanya ada di Jembrana. “Ke depan untuk memperkenalkan produk kreativitas UMKM, setiap ada kunjungan acara kita akan perkenalkan produk UMKM kita ini. Untuk marketplace-nya juga kita sudah mulai dan inkubatornya ada di PLUT (Pusat Usaha Layanan Terpadu),” ucapnya.

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) juga hadir dalam acara tersebut. Dia menambahkan, dengan adanya pengukuhan pengurus PPMKI Bali ini, diharapkan pemerintah juga melestarikan mobil-mobil kuno. Seperti mobil-mobil dinas yang ke depannya juga akan menjadi sebuah mobil kuno dan ada nilai sejarahnya.  “Selain untuk melestarikan mobil kuno yang mempunyai sejarah masa lampau, agar bisa bersinergi dengan pengusaha bengkel. Terutama bengkel-bengkel UMKM yang di Jembrana, sehingga perekonomian bisa berjalan,” ucapnya. *ode

Komentar