nusabali

Menteri Pertanian Bagikan Pupuk Hayati Cair di Gianyar, Ajak Bali Bangkit Lewat Pertanian

  • www.nusabali.com-menteri-pertanian-bagikan-pupuk-hayati-cair-di-gianyar-ajak-bali-bangkit-lewat-pertanian

GIANYAR, NusaBali.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan pupuk hayati cair, benih dan alsintan untuk Kabupaten Gianyar  di Wantilan Pura Er Jeruk, Desa/Kecamatan Sukawati, Sabtu (19/6/2021).

“Bantuan ini hanya sebuah perangsang untuk menggugah para petani Bali agar meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan hasil tani dan membuat suatu produk yang bermutu dengan jumlah yang besar dan maksimal,” ujar Syahrul Limpo.

Menteri Pertanian Syahrul Limpo mengatakan bahwa Bali memiliki potensi untuk mengembangkan lebih maju lagi produk pertanian dan dapat menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia. “Saya cinta dengan budaya Bali, orang-orangnya pekerja keras, kreatif dan tulus dalam bekerja, saya yakin masyarakat Bali dapat memajukan sistem pertaniannya sendiri,” kata menteri asal Sulawesi Selatan ini.


Dia pun mengingatkan bahwa hal yang terpenting dalam menjalani kehidupan ialah adanya pangan yang cukup, karena dengan adanya pangan yang cukup masyarakat dapat menjalani kehidupan sebagaimana mestinya.

“Matahari di Bali sangat bagus, udaranya segar, airnya bagus, tanahnya bagus. Memang pariwisata itu hal yang menjanjikan, namun sektor pertanian selama ini juga merupakan hal yang penting, dan hal yang menjanjikan juga apabila masyarakat dapat memaksimalkan apa yang sudah diwariskan oleh leluhur Bali,” kata Syahrul Limpo.

Menteri Pertanian pun memuji sistem pengairan ‘subak’ di Bali yang dinilai sangat bagus, punya nilai historis dan budaya. “Maka dari itu ayo Bali bergerak fokus memaksimalkan sektor pertaniannya, agar pada situasi seperti ini, roda ekonomi masyarakat Bali dapat berputar dengan adanya sektor pertanian yang bagus nantinya,” ujar Syahrul Limpo.

Syahrul Limpo pun berharap agar ke depannya Bali dapat mengembangkan lebih maksimal lagi hasil pertanian di masing-masing kabupaten di Bali. “Harus dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian, contohnya seperti beras, perhatikan lagi proses penggilingannya, penggunaan pupuknya, maka akan tercipta produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat Bali itu sendiri, tidak hanya baik untuk dikonsumsi, namun dapat menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi,” tutupnya.


Rangkaian kegiatan penyerahan bantuan pupuk hayati cair dimulai dengan tarian sambutan Sekar Jagat, kemudian sambutan oleh Gubernur Bali yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati. Terlihat juga hadir Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Bupati Klungkung Made Suwitra, dan Bupati Karangasem I Gede Dana serta Kapolres Gianyar. *rma

TONTON JUGA:
Jusuf Kalla Lantik Pengurus PMI Bali 2020-2025

Komentar