nusabali

Hari Pertama PPDB SMP, 650 Berkas Pendaftaran Ditolak

  • www.nusabali.com-hari-pertama-ppdb-smp-650-berkas-pendaftaran-ditolak

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 650 berkas calon siswa baru ditolak pada hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri di Kota Denpasar, Jumat (18/6).

Mereka ditolak karena salah mengunggah berkas pendaftaran. Namun mereka diperbolehkan untuk melakukan unggah ulang selama masa pendaftaran masih berlangsung.

Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Anak Agung Gde Wiratama saat dihubungi, Jumat (18/6) mengungkapkan pelaksanaan PPDB hari pertama ini merupakan jalur prestasi yang akan berlangsung hingga 23 Juni 2021. Hari pertama 14 SMP Negeri yang ada di Kota Denpasar sudah menerima sebanyak 1.218 pendaftar siswa baru melalui website.

Namun dari jumlah tersebut, tidak semua berkas pendaftaran calon siswa baru langsung diterima. Dari total tersebut sebanyak 650 berkas ditolak dan hanya 563 berkas yang dinyatakan valid, 6 berkas lainnya belum terverifikasi karena mendaftar lewat dari waktu yang ditentukan dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

Berkas yang ditolak pihak sekolah melalui sistem karena kebanyakan calon siswa salah mengunggah berkas. "Hari pertama kebanyakan mereka salah unggah berkas. Berkas harusnya sesuai dengan ketentuan tetapi mereka ada yang tidak berisi materai, ada yang tidak ada surat pernyataan orangtua yang diwajibkan dan berkas lainnya yang harusnya disesuaikan dengan syarat yang sudah ditentukan," jelasnya.

Sementara, 563 berkas yang dinyatakan valid tinggal menunggu proses seleksi lebih lanjut. Kemudian menurut Wiratama, 6 pendaftar yang terlambat mengunggah akan diverifikasi pada hari kedua. "Mereka yang terlambat kan sudah masuk ke sistem jadi mereka akan diverifikasi besok (hari ini, red)," ungkapnya.

Wiratama mengatakan, kendati berkas calon siswa ditolak, mereka masih bisa melakukan pendaftaran ulang dan mengunggah sesuai syarat yang ditentukan. "Mereka masih bisa daftar ulang semasih waktu pendaftaran belum berakhir," ujarnya. Sementara untuk keamanan server saat ini, seluruh SMP Negeri yang melaksanakan PPDB masih cukup aman. Sehingga, hari pertama pelaksanaan cukup lancar.

Sementara Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdana mengatakan di hari pertama pelaksanaan PPDB khusus jalur prestasi ini belum ada kendala yang signifikan. Apalagi masalah server, hingga berakhir waktu pendaftaran hari pertama masih dinyatakan aman. Namun, dia mengkhawatirkan masalah listrik. "Hari pertama masih aman kalau untuk server ya. Tidak tahu untuk besok atau lagi dua hari. Tetapi yang paling kami khawatirkan masalah listrik saja. Semoga tidak terjadi gangguan," ujarnya. *mis

Komentar