nusabali

Dewa Indra Ajak Kuatkan Kualitas Kesehatan Lansia

  • www.nusabali.com-dewa-indra-ajak-kuatkan-kualitas-kesehatan-lansia

DENPASAR, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra mendorong peningkatan kesejahteraan dan kesehatan penyandang lanjut usia (lansia), saat pembukaan Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia serangkaian puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021, di Agung Ballroom, Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kamis (17/6).

Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr I Ketut Suarjaya dan jajaran Kementerian Kesehatan serta pemerintah daerah dari seluruh Indonesia. Seminar bertema ‘Bersama Lansia Keluarga Bahagia’ juga diisi penyerahan Rencana Aksi Nasional (RAN) kesehatan lanjut usia kepada Sekda Dewa Indra, serta penyerahan plakat sebagai apresiasi kepada Pemprov Bali atas cakupan vaksinasi pada lansia tertinggi seluruh Indonesia.

“Menjadi lansia itu sudah pasti, menjadi lansia yang sehat, sejahtera, dan produktif itu adalah pilihan yang harus kita wujudkan. Untuk itu perhatian pada lansia penting agar mereka tetap sehat dan sejahtera,” ujar Dewa Indra.

Dewa Indra menambahkan Pemprov Bali berkomitmen tinggi dalam berbagai upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia. Salah satunya dengan membuat regulasi berupa Perda Nomor 11 Tahun 2018 tentang kesejahteraan lanjut usia yang ditindaklanjuti dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor  48 Tahun 2020. Tidak hanya itu, lansia juga mendapat prioritas dalam pemberian vaksin Covid-19. “Hal ini sebagai bukti dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan para lansia,” kata mantan Karo Organisasi Setda Provinsi Bali, ini.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, mengatakan secara alamiah kondisi tubuh dan fisik lansia semakin lemah, seiring waktu berjalan. “Sehingga merupakan tantangan bagi kita semua, agar lansia bisa tetap sehat,” ucap Dante.

Untuk mewujudkannya, Dante mengatakan bahwa peningkatan kesehatan tidak dimulai saat masuk usia senja. “Tetapi kesehatan mulai dijaga dari usia muda dan tetap terjaga hingga lansia,” tegas Dante. *nat

Komentar