nusabali

Kembangkan Layanan, PDAM Minta Bantuan Pusat

  • www.nusabali.com-kembangkan-layanan-pdam-minta-bantuan-pusat

BANGLI, NusaBali
PDAM Bangli merancang sejumlah program untuk memperluas jaringan layanan. Di tengah keterbasan anggaran, PDAM Bangli akan mencoba minta bantuan ke pemerintah pusat.

Perluasan pelayanan direncanakan di Kecamatan Tembuku bagian utara, Kecamatan Kintamani bagian timur, dan Kecamatan Susut.  Direktur PDAM Bangli, Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, perlu optimalisasi sumber mata air agar jangkauan layanan semakin luas. Agar dapat memaksimalkan produksi, perlu anggaran besar. Selain mengandalkan bantuan Pemkab Bangli, PDAM Bangli juga mengajukan permohonan bantuan ke Kementerian Pekerjaan Umum. “Pengajuan permohonan bantuan lewat Dinas PUPR Perkim,” ungkap Dewa Rono sapaan akrab Dewa Gede Ratno Suparso Mesi, Rabu (16/6).

Pada tahun 2021 ini, PDAM Bangli merencanakan optimalisasi perluasan pelayanan di Kecamatan Tembuku bagian utara dan Desa Suter, Kecamatan Kintamani. “Penyusunan DED sudah rampung, untuk kegiatan fisiknya kami ajukan bantuan ke pusat lewat DAK,” jelasnya. Pada tahun 2022 akan melakukan optimalisasi pelayanan di Kecamatan Susut, khususnya wilayah pelayanan Malet. Pendanaan diusulkan melalui program DAK tahun 2022. Selain itu, untuk optimalisasi pelayanan di perkotaan dilakukan lewat penambahan sumber baru.

Dewa Rono juga berencana buat dua sumur bor sebagai cadangan produksi untuk efektifitas pelayanan di kota. “Kami akan melakukan perluasan layanan baru di Desa Saap, Kecamatan Kintamani dan perluasan jaringan di Desa Landih dengan optimalisasi sumber mata air Kutalambi untuk menunjang peningkatan pelayanan di Kintamani,” terang direktur asal Kelurahan Kawan ini. *esa

Komentar