nusabali

Karangasem Terbebas dari Zona Merah

  • www.nusabali.com-karangasem-terbebas-dari-zona-merah

AMLAPURA, NusaBali
Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan Karangasem sudah terbebas dari zona merah.

Karangasem masih menyisakan 14 desa/kelurahan zona kuning. Selebihnya 64 desa/kelurahan masuk zona hijau. Kabupaten Karangasem kini berstatus zona kuning. Gusti Bagus Putra Pertama optimis seminggu lagi Kabupaten Karangasem berstatus zona hijau.

Sebanyak 14 desa berstatus zona kuning yakni Desa Jungutan, Desa Sibetan dan Desa Bungaya Kangin (Kecamatan Bebandem), Desa Ababi, Desa Kerta Mandala, dan Desa Abang (Kecamatan Abang), Desa Duda (Kecamatan Selat), Desa Kertabuana dan Desa Lokasari (Kecamatan Sidemen), Kelurahan Karangasem (Kecamatan Karangasem), dan Desa Nongan (Kecamatan Rendang). “Kami terus gencarkan percepatan vaksinasi agar mampu menekan munculnya kasus baru,” jelas Gusti Bagus Putra Pertama, Selasa (15/6).

Pada pertengahan Juli 2021, seluruh sekolah di Karangasem menggelar PTM (pembelajaran tatap muka), targetnya secepatnya zona hijau. Harapannya tidak terjadi klaster penularan di sekolah. Sempat beberapa kali nihil kasus baru, tetapi per Selasa (15/6) kembali muncul 2 kasus baru dari kelurahan Subagan dan Kelurahan Karangasem di Kecamatan Karangasem. Akumulasi terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.929 orang. Pasien sembuh terakumulasi 1.824 orang. Akumulasi kasus meninggal 94 orang, meninggal karena probable 87 orang.

Kepala Puskesmas Selat, dr I Gusti Lanang Udiyana berjanji mengubah Kecamatan Selat dari zona kuning ke zona hijau. Saat ini ada satu warga dari Desa Duda menjalani perawatan Covid-19. “Begitu satu warga itu sembuh dari perawatan, Kecamatan Selat langsung ke zona hijau,” jelas Gusti Lanang Udiyana. Percepatan vaksinasi di Kecamatan Selat telah mencapai 66 persen tersebar di delapan desa. *k16

Komentar