nusabali

Satpol PP Pantau Penerapan Prokes di Pantai Kuta

Jelang Pembukaan Pariwisata yang Direncanakan Juli 2021

  • www.nusabali.com-satpol-pp-pantau-penerapan-prokes-di-pantai-kuta

Tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes sudah sangat tinggi. Terbukti, hasil penyisiran yang dilakukan tidak menemukan ada wisatawan atau masyarakat yang melanggar

MANGUPURA, NusaBali

Jelang pembukaan pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) yang direncanakan Juli 2021, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung gencar memantau penerapan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah objek wisata. Salah satu yang disasar adalah kawasan Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Selasa (15/6) sore. Dalam pemantauan itu, Satpol PP menyisir sepanjang kawasan pantai serta mengimbau wisatawan agar memperhatikan prokes.

Kasatpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, pemantauan penerapan prokes bagian dari kegiatan rutin selama pandemi Covid-19. Langkah ini, katanya, untuk melihat dan memastikan secara langsung penerapan protokol kesehatan jelang dibukanya pariwisata untuk wisman.

“Kami rutin lakukan pemantauan ke lapangan. Tim kami sebar di sejumlah objek wisata dan mengecek wisatawan atau masyarakat yang sedang berkunjung, utamanya dalam penerapan prokes,” kata Suryanegara.

Suryanegara mengaku tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes sudah sangat tinggi. Terbukti, hasil penyisiran yang dilakukan dari perbatasan Pantai Legian hingga di depan Pos Satgas Pantai Kuta, tidak menemukan ada wisatawan atau masyarakat yang melanggar. “Semuanya sudah patuh. Kami sudah cek dan mendapati masyarakat, khususnya pedagang yang berjualan menggunakan masker. Begitu juga wisatawan yang duduk di pantai sudah patuh semua,” jelasnya.

Meski hanya bersifat pemantauan, tegas Suryanegara, tetap memberikan edukasi agar masyarakat selalu patuh pada prokes. “Kegiatan ini sifatnya pemantauan saja. Tapi, bukan berarti semata begitu saja. Kami juga berikan imbauan dan juga memperingati masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan benar,” tegasnya.

Selain menyasar kawasan objek wisata, Satpol PP juga memberi atensi titik-titik yang patut diwaspadai bisa menimbulkan kerumunan, seperti di pasar, tempat perbelanjaan dan tempat lainnya. “Kali ini di objek wisata, namun besok-besok kita lakukan di lokasi lainnya. Ini semata-mata agar masyarakat patuh terhadap prokes, apalagi menjelang rencana pembukaan gerbang pariwisata internasional,” tandas Suryanegara. *dar

Komentar