nusabali

Petugas Damkar Karangasem Evakuasi Ular Piton 2,5 Meter

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-karangasem-evakuasi-ular-piton-25-meter

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem mengevakuasi ular piton dengan panjang 2,5 meter dan diameter sekitar 10 cm, di Terminal Subagan, Jalan Gunung Agung Amlapura, Sabtu (12/6) sekitar pukul 05.30 Wita.

Ular piton ditemukan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Karangasem Ni Wayan Mudiani, 30.
Ni Wayan Mudiani kemudian melaporkan temuan ular piton di saluran got Terminal Subagan Amlapura ke Pos Damkar. Laporan diterima petugas jaga I Komang Agus Arya.

Selanjutnya petugas jaga regu II dikoordinasikan Komandan Regu I Komang Triadi memimpin evakuasi ular tersebut.

Salah seorang anggota regu II I Kadek Sandi menuturkan, ular yang ditemukan sedang dalam posisi melingkar di salah satu saluran air di Terminal Subagan Amlapura. Dikatakannya, kemarin pagi petugas kebersihan hendak bersih-bersih mendapati ada benda terlihat gelap dalam posisi melingkar, setelah didekati ternyata seekor ular piton.

“Ular itu tidak dilepasliarkan ke habitatnya. Ada warga dari Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem yang meminta ular itu,” kata Kadek Sandi.

Disebutkan di Pos Pemadam Kebakaran Karangasem di Jalan Gunung Agung Amlapura, ada tiga regu berjaga-jaga 24 jam. Tiap regu ada seorang petugas yang memiliki kemampuan menangkap ular, baik ular di dalam rumah, di kap bangunan, maupun di saluran air.

“Kalau ularnya di kap bangunan, petugas mesti mencarinya naik ke kap bangunan atau di plafon,” ucap Kadek Sandi.

Terkait ular piton panjang 2,5 meter yang dievakuasi, baru kali ini dilakukan. Itu merupakan ular terpanjang yang dievakuasi petugas. Biasanya setiap musim hujan, banyak ular ke luar dari sarangnya, mencari mangsa atau masuk rumah warga. *k16

Komentar