nusabali

Bulan Bung Karno, Wabup Jembrana Tanam Pohon Tanaman Bumi Banten

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-wabup-jembrana-tanam-pohon-tanaman-bumi-banten

NEGARA, NusaBali
Sebagai bentuk penghargaan terhadap proklamator yang juga Presiden pertama, Dr Ir Soekarno, bulan Juni dicanangkan sebagai Bulan Bung Karno.

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, Pemkab Jembrana melaksanakan penanaman sebanyak 1.700 bibit pohon tanaman bumi banten di kawasan hutan sekitar Pura Pagubugan, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jumat (11/6).

Kegiatan penanaman pohon ini dipimpin oleh Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat). Kegiatan itu juga diikuti jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana. Ada berbagai tanaman bumi banten yang ditanam, di antaranya cempaka, majegau, pala, juwet, kwanitan, hingga bambu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jembrana I Ketut Eko Susilo Artha Permana, menjelaskan kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka menyemarakkan Bulan Bung Karno. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk edukasi dan ajakan kepada masyarakat untuk menggalakkan gerakan menanam kembali sebagai bentuk pelestarian hutan. “Yang dipilih adalah pohon tanaman bumi banten. Sekaligus melestarikan tanaman-tanaman upakara, khususnya kita di Bali,” kata Eko Susilo.

Wabup Ipat mengatakan, tema Wana Kerthi Taru Prana Bhuana (pohon sebagai napas kehidupan) dipilih dalam perayaan Bulan Bung Karno 2021 yang merupakan perayaan ke-3 di Kabupaten Jembrana. Tema ini dipilih mengingat besarnya peran Bung Karno bagi kemerdekaan Indonesia yang diibaratkan pohon bagi kehidupan. “Kegiatan tanam pohon ini juga sebagai pengingat bagi kita agar selalu menjaga alam,” ucap Wabup Ipat. *ode

Komentar