nusabali

Karya Bakti TNI Libatkan 15 Klien Pemasyarakatan

  • www.nusabali.com-karya-bakti-tni-libatkan-15-klien-pemasyarakatan

GIANYAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana menggelar Karya Bhakti TNI di Desa Adat Celuk, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (11/6).

Karya Bhakti ini berupa kegiatan pembersihan lingkungan dengan mengajak belasan Klien Pemasyarakatan Bapas (Balai Pemasyarakatan Anak) Kelas I Denpasar.  Kepala Bagian Administrasi Cadangan Babinminvetcaddam IX/Udayana Letkol Infantri I Wayan Dedi Suryanto menjelaskan,  Karya Bhakti ini serangkaian membantu Pemkab Gianyar meningkatkan kebersihan lingkungan, bersama komponen wilayah dan masyarakat. "Ada dari Kemenkumham dan desa adat. Sebagai wujud menyatukan TNI dengan rakyat," jelasnya.

Lokasi pembersihan menyasar tempat umum maupun tempat ibadah yang selama pandemi kurang perawatan. "Kami membantu masyarakat bersiap menyambut hari yang lebih baik. Apalagi informasi angka Covid-19 menurun di Bali, pariwisata segera buka," ujarnya.

Jelas Dedi Suryanto, pasukan yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 40an personel. Selain pembersihan lingkungan, TNI juga mendengarkan keluh kesah masyarakat. "Serap aspirasi, kami mengayomi mensupport dan ikut memelihara," ujarnya. Suasana yang masih asri, diharapkan agar tetap dijaga.

Kepala Bapas Kelas I Denapsar Ni Luh Putu Andiyani mengatakan klien pemasyarakatan ini bukan lagi berstatus warga binaan pemasyarakatan. Melainkan, mereka sudah siap kembali ke tengah masyarakat. "Bapas ada 3 jenis bimbingan yakni kemandirian, kepribadian, dan kemasyarakatan. Klien Bapas diharapkan bisa kembali terjun dan berbaur ke masyarakat, seperti sebelum mereka melakukan tindak pidana," jelasnya.

Andiyani berharap belasan klien pemasyarakatan ini tidak mengulangi tindak pidana lagi. "Untuk saat ini hadir 15 orang klien pemasyarakatan asal Gianyar. Ini termasuk bimbingan pengakhiran, besok mereka sudah bebas murni ke masyarakat," ujarnya. *nvi

Komentar