nusabali

Sikat Turki 3-0, Italia Layak Diperhitungkan di Euro 2020

  • www.nusabali.com-sikat-turki-3-0-italia-layak-diperhitungkan-di-euro-2020

ROMA, NusaBali.com - Italia tampil mengesankan di laga pembuka Euro 2020 saat menggebuk Turki 3-0 dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Olimpico Roma, Jumat (11/6/2021) atau Sabtu dini hari Wita.

Tim asuhan allenatore Roberto Mancini ini tampil seperti bukan tim Italia yang selama ini dikenal. Pasalnya di tangan Mancini, tim Azzuri berubah tidak membosankan dan banyak melakukan variasi serangan.

"Kami bermain bagus sekali. Mengingat ini pertandingan pertama, sungguh tak mudah dan kami menghadapi tim yang bagus," kata Mancini.

Mancini juga menyanjung dukungan tiada henti dari suporter padahal hanya mengisi stadion yang tidak dalam kapasitas normalnya. "Penonton membantu kami, dan itu penting sekali bagi kami dalam mengalirkan bola dengan cepat," sambung mantan pelatih Manchester City ini.


Dalam pertandingan penyisihan di Grup A Euro 2020 itu, Italia memecahkan kebuntuan pada menit ke-53 setelah manuver gelandang mungil Domenico Berardi memaksa Merih Demiral mencetak gol ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri ini menambah liar skuad Italia yang terus mencari cara untuk menjebol kembali gawang Turki, termasuk dari tendangan Ciro Immobile yang melebar dari gawang satu menit selepas gol bunuh diri Demiral. Sebaliknya Turki yang sesekali berusaha bangkit, tetapi selalu menemui solidnya lapangan tengah dan belakang Italia, terlihat syok dan panik.

Pada menit ke-58 kiper Uqurcan Cakir terpaksa membuat penyelamatan untuk mementahkan upaya Manuel Locatelli. Delapan menit kemudian, Cakir tak mampu menahan gempuran pemain Italia setelah dia sempat mementahkan upaya Leonardo Spinazzola, tetapu tak bisa melakukan untuk kedua kalinya dari sepakan Ciro Immobile yang menyambar bola muntah.
Italia pun sudah memimpin 2-0 sampai menit ke-66.

Turki terus tertekan, dan makin kedodoran, sampai kemudian pada menit 79, giliran Lorenzo Insigne menciptakan gol ketiga Italia yang dirancang rapi dan praktis memupus impian Turki mencuri poin dari tuan rumah.


Uniknya, dalam laga ini yang dinobatkan sebagai pemain terbaik atau Star of the Match adalah bek kanan AS Roma, Leonardo Spinazzola.

"Kemenangan ini membuat kami merinding. Tadi itu sebuah penampilan yang sempurna. Kami sabar, kami mengalirkan bola dengan baik sekali," kata Spinazzola.

Azzurri kini tak terkalahkan dalam 28 pertandingan dan mengawali kampanye Euro 2020 dengan cantik sehingga membangkitkan harapan memupus petaka tiga tahun lalu dalam Piala Dunia 2018 di mana mereka tidak lolos.

Sementara itu pelatih Turki Senol Gunes mengakui Italia memang lawan yang lebih bagus sehingga pantas menang dan dia tidak berkecil hati karena telah dikalahkan oleh tim yang lebih baik.

"Pertandingan tadi itu bukan milik kami. Kami sudah mengawali dengan kehilangan bola dan tak bisa merangsek ke depan. Italia lebih bagus, kami kalah melawan tim yang lebih baik," kata Senol Gunes.

Gunes tidak berkecil hati karena dalam setiap turnamen selalu ada banyak kesempatan, dan dia akan merebut kesempatan itu sebaik-baiknya dalam pertandingan berikutnya Turki dalam Grup A.

"Ini turnamen. Kami masih punya dua pertandingan lagi. Kami akan menyiapkan diri menghadapi pertandingan melawan Wales terlebih dahulu," sambung Gunes. *ant


Komentar