nusabali

Jelang Akreditasi, Asesor dan Pengelola Pendidikan Dapat Pembekalan

  • www.nusabali.com-jelang-akreditasi-asesor-dan-pengelola-pendidikan-dapat-pembekalan

AMLAPURA, NusaBali
Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Bali menggelar pembekalan untuk 7 asesor PAUD, PNF, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM) di di Aula Satuan Pendidikan SKB Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Rabu (9/6).

Pembekalan ini difasilitasi Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem. Para asesor dari Karangasem akan bertugas lintas kabupaten/kota di Bali secara daring untuk melakukan akreditasi.

Pembekalan asesor dibuka Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika didampingi Kabid PAUD dan PNF I Nyoman Adil. Para asesor bertugas setelah lulus PUKA (Pelatihan Uji Kompetensi Asesor). Pengelola PAUD, PNF, dan PKBM diharapkan memahami teknis memasukkan dokumen di aplikasi Sispena (Sistem Informasi Penilaian Akreditasi) 3.1. Setelah sinkrun dengan dapodik (data pokok pendidikan) selanjutnya diakreditasi secara daring. “Jadwal akreditasi menunggu pemberitahuan lebih lanjut,” kata I Gusti Ngurah Kartika.

Di Karangasem ada 7 asesor yang bertugas melakukan akreditasi. Masing-masing LPK ada 1 asesor atas nama I Wayan Putu Edi Kurniawan, PKBM ada 2 asesor yakni I Komang Sukayasa dan I Wayan Mertayasa. PAUD ada 4 asesor yakni I Dewa Ayu Anom Pratiwi, I Gusti lanang Agung Wiranata, I Wayan Redana, dan Ni Wayan Yuliani. Menurut Kabid PAUD dan PNF I Nyoman Adil, asesor akan mengakreditasi 29 TK, 13 kelompok bermain, 3 PKBM, dan 4 LKP (Lembaga Kursus Pendidikan). “TK dan kelompok bermain di bawah naungan PAUD,” jelasnya.

Pemateri dari Operator Dapodik I Wayan Sukanaya memberikan teknis pengisian dokumen di aplikasi Sispena 3.1. Data yang dimasukkan menyangkut realisasi delapan standar pendidikan. “Pastikan dokumen masuk di dapodik sudah sinkrun sesuai fakta di lapangan,” pinta Sukanaya. Sementara Pengelola TK Kumara Kerta Winangun, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang Ni Ketut Muliati Dewi mengaku telah siap diakreditasi. Ketua Himpaudi (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini) Karangasem Ni Wayan Sukeni yang membawahi 8 kelompok bermain sudah siap diakreditasi. *k16

Komentar