nusabali

Sungai Meluap, Air Masuk Rumah

  • www.nusabali.com-sungai-meluap-air-masuk-rumah

SEMARAPURA, NusaBali
Akibat diguyur hujan deras, Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, meluapkan air, Rabu (9/6).

Akibatnya, puluhan rumah warga terendam banjir. Warga kaget melihat luapan air masuk rumah mereka. Menurut salah seorang warga yang rumahnya terdampak banjir, I Komang Sayoga,22, luapan air Sungai Candigara terjadi pukul 08.00 Wita. "Saat mau berangkat bekerja. Saya merasa kaget, sebab ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa dan saya akhirnya tidak bisa bekerja," kata Sayoga. Ada sekitar 40 KK di Banjar Pancingan dan Banjar Bingin, Desa Kusamba, terdampak banjir.

Selain itu, Ni Ketut Sutami, pemilik warung juga mengalami dampak dari banjir. Barang-barang miliknya ada tergenang air. “Hujannya cukup deras tadi pagi. Kalau sudah hujan deras, pasti banjir. Lokasi pemukiman ini memang rawan banjir,” ujar Ketut Sutami yang tampak sibuk memindahkan barang dagangannya.

Mendengar informasi tersebut, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta langsung turun ke lokasi untuk melihat secara langsung. Bupati memerintahkan BPBD dan Dinas PUPR Klungkung untuk mengambil langkah-langkah agar warga aman.

Wabup Kasta yang didampingi Kapolsek Dawan AKP Ida Ayu Kalpika Sari, mengimbau masyarakat di sekitar sungai tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke aliran sungai. Upaya ini untuk mencegah banjir. "Mari bersama-sama jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan," imbuhnya. *wan

Komentar