nusabali

Atlet Taekwondo Bali Anggap Try Out Ajang Lihat Lawan

  • www.nusabali.com-atlet-taekwondo-bali-anggap-try-out-ajang-lihat-lawan

JAKARTA, NusaBali
Atlet taekwondo Bali nomor poomsae perorangan, Muhammad Abdurahman Wahyu menjadikan try out nasional sebagai ajang melihat kemampuan dan kualitas lawan.

Karena itu, Wahyu tidak terlalu mengejar menang atau kalah dan tidak memperebutkan medali. Try out nasional taekwondo digelar pada 4-6 Juni 2021 di GOR Purna Krida, Kerobokan, Badung "Jadi, saya tidak terlalu ngotot untuk menang. Hal ini dilakukan agar saya tidak turun performa saat di PON 2021 Papua. Nanti saya akan melihat sejauh mana persiapan para atlet taekwondo dari daerah lain," ujar Wahyu kepada NusaBali, Jumat (4/6).

Selain itu, akan melihat gerakan apa yang disukai wasit. Lantaran penilaian poomsae berdasarkan gerakan yang dilakukan atlet sehingga siapa yang gerakannya goyang bakal berpengaruh terhadap penilaian. Berdasarkan jadwal, pesaing Wahyu di nomor poomsae ada lima orang.

Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Papua dan DKI Jakarta. Dari lima daerah itu, dua atlet yang sudah diketahui Wahyu. Yaitu Alvi dari Jawa Barat dan Hafiz dari Jawa Tengah. Keduanya merupakan junior Wahyu ketika di Pelatnas.

Namun, peraih emas Kejurnas 2017 nomor poomsae perorangan itu mengaku tidak terlalu mengikuti perkembangan keduanya.

Apalagi Wahyu tidak di Pelatnas lagi. Alfi, kata Wahyu  adalah pengganti dirinya di Pelatnas. Terakhir, Wahyu bertemu dengan Alvi saat Kejurnas 2017. Sementara Hafiz, terakhir Wahyu bertemu tahun 2013 lalu ketika mengikuti kejuaraan Asia junior. Wahyu memprediksi, kemampuan mereka pasti telah meningkat.

Namun dia tetap optimis bisa mengimbangi keduanya. Terlebih Wahyu, kerap latihan tiga kali seminggu secara mandiri. Peraih emas Korea Open 2018 di beregu putra ini juga selalu up date gerakan melalui video atlet Korea.

"Saya latihan tiga kali seminggu disela-sela kesibukan bekerja. Selama ini, saya fokus latihan fisik. Tiga bulan terakhir, saya fokus ke teknik. Di try out nanti, saya akan lihat bagaimana teknik dan kemampuan mereka sebagai persiapan menuju PON Papua," kata Wahyu, yang meraih medali emas emas pada test event Asian Games 2018 beregu putra.

Wahyu sendiri, saat ini tinggal di Jogjakarta dan bekerja pada salah satu perusahaan IT. Wahyu berangkat ke Bali pada Jumat (4/6). Kantornya, sangat mendukung kiprah Wahyu di taekwondo. Bahkan Wahyu berencana akan mengikuti Porprov Bali 2022 dengan membela Kabupaten Badung. *k22

Komentar