nusabali

Istri Bupati Sanjaya Kunjungi Panti Lansia

Beri Perhatian Khusus pada Kaum Lansia

  • www.nusabali.com-istri-bupati-sanjaya-kunjungi-panti-lansia

TABANAN, NusaBali
Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengunjungi Panti Sosial Werdha Santhi di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kamis (3/6).

Kunjungan ini sebagai bentuk perhatian khusus istri Bupati Tabanan I Komang Gde Sanjaya ini kepada warga lansia (lanjut usia) di Tabanan.  Kegiatan tersebut juga serangkaian memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25. Dalam kunjungan tersebut, Ny Rai Wahyuni Sanjaya didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tabanan Nyoman Gede Gunawan, pengurus Komda Lansia Tabanan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tabanan, dan Darma Wanita Persatuan Kabupaten Tabanan.

Selaku insan yang mengedepankan kasih sayang, Rai Wahyuni Sanjaya sangat memperhatikan kesejahteraan kaum lansia di Kabupaten Tabanan. Salah satunya, lansia di Panti Sosial Werdha Santhi. Panti sosial ini menerapkan slogan ‘We Share, We Care’ atau bisa dimaknai dengan berbagi sebagai tanda peduli. Panti ini tidak hanya menampung para lansia dari Kabupaten Tabanan, namun juga menampung lansia dari sejumlah daerah di Provinsi Bali.

Dalam kunjungan itu, Ny Rai Wahyuni berbincang-bincang hangat dengan para lansia, didampingi pengurus Panti sosial tersebut. Jelas dia, setahunya tidak semua lansia hidupnya bahagia, tidak semua lansia masih punya pasangan hidup, tidak semua lansia mempunyai keluarga lengkap. ‘’Tak kalah ekstrem, ada juga lansia yang hidupnya terlantar. Kewajiban kita semua untuk membantu mereka agar bisa hidup lebih layak,” ujar Ny Wahyuni Rai Sanjaya.

Menurutnya, di masa muda para lansia ini sudah lelah bekerja keras membanting tulang guna memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya. Di masa tua ini, sudah sepatutnya kelompok lansia bisa menikmati hari tuanya dengan damai dan bahagia. Meskipun kenyataannya hingga kini, masih banyak lansia yang bekerja keras dan turut membantu kehidupan keluarga.

Oleh karena itu, dia mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih peduli dan memperhatikan kebahagiaan dan kesejahteraan para lansia. Kepedulian itu sebagai wujud terimakasih kepada  para lansia dengan bertindak nyata. ‘’Antara lain, dengan  selalu mencintai dan menyayangi, membantu dan memberi kemudahan dalam beraktivitas. Mari terus menggaungkan semangat positif kepada para lansia,” paparnya.

Ny Rai Wahyuni Sanjaya juga mengapresiasi keberadaan Panti Sosial Werdha Santhi. Karena panti ini mampu menghadirkan beragam aktivitas dan kegiatan yang dapat meningkatkan semangat para lansia. Meskipun dalam  situasi masih pandemi, para lansia mesti mendapat perhatian terutama dalam hal prioritas untuk merawat kesehatannya. Oleh sebab itu, protokol kesehatan yang ketat juga agar dilaksanakan dengan baik pada kegiatan ini.

Menutup acara tersebut, K3S melalui sinergi dengan Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tabanan, dan Darma Wanita Persatuan Kabupaten Tabanan, memberikan sumbangan berupa beras dan roti kepada Panti Sosial Werdha Santhi. Bantuan  ini sebagai bentuk dukungan, sekaligus agar bisa bermanfaat untuk para lansia. *des

Komentar