nusabali

KSN SMA Digelar Selama Dua Hari

  • www.nusabali.com-ksn-sma-digelar-selama-dua-hari

AMLAPURA, NusaBali
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Karangasem menggelar KSN (kompetisi sains nasional) selama dua hari mulai Kamis (3/6) hingga Jumat (4/6).

KSN digelar di sekolah masing-masing melalui daring. Para siswa akan berebut jatah menuju KSN Provinsi Bali. Sebanyak 19 sekolah telah mendaftar ikut KSN. Hanya saja tidak semua sekolah mengikuti 9 mata pelajaran yang dilombakan.

Ketua MKKS SMA Karangasem, Wayan Sugiana mengatakan, selama KSN daring tidak boleh ada yang membantu siswa. Jika ketahuan membantu siswa akan terekam kamera dan dikenakan diskualifikasi. Dikatakan, SMA Negeri Abang numpang ikut lomba KSN di SMAN 2 Amlapura. Sebab SMAN Abang belum punya fasilitas, gedungnya baru berdiri. “SMAN Abang hanya ikut dua mata pelajaran yakni Biologi dan Kebumian. Masing-masing menyertakan 3 siswa,” ungkap Wayan Sugiana yang Kasek SMAN 2 Amlapura.

Sembilan mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Sebelumnya melakukan sinkronisasi data peserta pada tanggal 27-28 Mei, uji coba Sabtu (29/5), kembali melakukan sinkronisasi data Rabu (2/6). Hari pertama, Kamis (3/6) mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, dan Biologi. Lomba hari kedua, Jumat (4/5) yakni Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi. “Yang lolos ke KSN Provinsi Bali yakni peringkat 3 terbaik tiap mata pelajaran,” jelas Wayan Sugiana. Tercatat hanya delapan sekolah yang menyertakan tiga siswa tiap mata pelajaran.

Kasek SMAN 1 Amlapura, Ketut Marta Ariana, mengaku telah siap mengikuti KSN. “Target kami menang di KSN Kabupaten Karangasem agar bisa ikut KSN Provinsi Bali,” ungkap Ketut Marta Ariana. Tiap mata pelajaran meloloskan tiga pemenang untuk dikirim ke KSN Provinsi Bali yang rencananya digelar 2-7 Agustus dan KSN Nasional pada tanggal 6-11 September 2021. *k16

Komentar