nusabali

Sinergikan Program, PKK Bangli Gelar Rakon dan Rakerda

  • www.nusabali.com-sinergikan-program-pkk-bangli-gelar-rakon-dan-rakerda

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka rapat konsultasi (Rakon) dan rapat kerja daerah (Rakerda) PKK Bangli di ruang pertemuan RSU Bangli, Rabu (2/6).

Rakon dan Rakerda PKK dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Bangli. Pesertanya Ketua TP PKK Desa, Ketua TP PKK Kelurahan, dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Bangli. Rakon dan Rakerda untuk mensinergikan program PKK.


Ketua Panitia, I Dewa Ayu Pusparini mengatakan Rakon untuk mewujudkan sinergitas program TP PKK tahun 2021 lintas wilayah maupun sektoral. Mengevakuasi kegiatan TP PKK untuk penyempurnaan dan sebagai pedoman pelaksanaan pada tahun berikutnya. “Rakon dan Rakerda untuk mengetahui program prioritas tahun 2021 dan rencana kerja TP PKK Kabupaten Bangli tahun 2022,” ungkap Dewa Ayu Pusparini.

Peserta diharapkan dapat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaku aktif maupun pasif dalam pelaksanaan program kegiatan PKK yang lebih fokus, tulus, dan lurus. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta mengatakan, Rakon merupakan agenda rutin tahunan untuk menyusun strategi gerakan PKK, mensosialisasikan, dan penyampaian program prioritas tahun 2021 dan rencana kerja tahun 2022. Kegiatan ini juga menyelaraskan program kerja gerakan PKK mulai dari tingkat provinsi sampai tingkat desa/kelurahan.

Sedangkan Rakerda merupakan agenda 5 tahunan yang dilaksanakan untuk menyampaikan hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021. Ny Sariasih juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran TP PKK yang tetap bekerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas saat pandemi Covid-19. “PKK adalah salah satu lembaga strategis, karena TP PKK dibentuk secara berjenjang mulai dari pusat sampai dengan desa/kelurahan bahkan di bawahnya dibentuk kelompok dasa wisma sebagai ujung tombak pelaksana program,” tegasnya. Program PKK di antaranya pemanfaatan tanah pekarangan melalui HATINYA PKK yaitu Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, PKK memiliki potensi yang luar biasa untuk mendukung program-program pembangunan, melalui gerakan masif dan terstruktur. Maka itu gerakan PKK harus mengikuti perkembangan situasi dan kondisi. Gerakan PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang memiliki akses terdekat dengan sasaran keluarga dalam konsep pemberdayaan masyarakat. Ke depan diharapkan ikut berpartisipasi aktif merumuskan kebijakan pemerintah untuk mempercepat pembangunan SDM dan wilayah. *esa

Komentar