nusabali

UHN I Gusti Bagus Sugriwa Kupas Manfaat Sound Healing

  • www.nusabali.com-uhn-i-gusti-bagus-sugriwa-kupas-manfaat-sound-healing

DENPASAR, NusaBali.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Yoga dan Kesehatan Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menggelar Workshop Sound Healing di Auditorium Kampus Ratma UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Pada workshop yang digelar Minggu (30/5/2021) tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah instruktur yoga dan soundhealer Putu Reny Rahmawati, SKes yang juga alumnus S1 Jurusan Yoga dan Kesehatan UHN I Gusti Bagus Sugriwa. Selain itu, hadir pula Anak Agung Istri Desy Sri Wangi SPsi. 

Workshop yang digelar di Auditorium Ratma perguruan tinggi berlokasi di Jalan Ratna Denpasar ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai terapi pada mahasiswa / pelajar dan masyarakat umum serta menunjukkan  bahwa ada salah satu media penyembuhan yang sangat sederhana yakni media suara atau sound healing. 

“Media suara yang sederhana ini bisa digunakan di masa depan. Jadi, workshop sound healing ini adalah 'Sound is the Medicine of the Future'," ungkap Ni Komang Puja Gita Sacitta Marta, Ketua HMJ Yoga dan Kesehatan Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar. 


Berkaitan dengan diselenggarakannya acara  di tengah pandemi Covid-19, pihak penyelenggara menjadikan protokol kesehatan adalah yang paling utama dengan menyiapkan handsanitizer, penyemprotan desinfektan, kemudian menggunakan masker, jaga jarak, dan dibagikan faceshield kepada para peserta, dan kegiatan ini pun di batasi hanya 30 orang. 

Dijelaskan juga jika workshop berbeda dengan workshop yang pernah diselenggarakan sebelumnya, yang biasanya diambil dari sisi nilai yoganya, namun kali ini HMJ Yoga dan Kesehatan ingin menunjukkan sisi kesehatannya yang secara holistik menggunakan media sound healing. 

Meskipun demikian para peserta sangat antusias  mengikuti acara ini, bisa di lihat dari jumlah kuota 30 orang yang terisi penuh. Selain mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, ada juga dari kampus lain dan kalangan umum. 

Putu Reny Rahmawati  menjelaskan jika sound healing bisa dikatakan sebagai meditasi atau penyembuhan melalui suara/musik yang memiliki tujuan untuk membantu menenangkan pikiran.

"Jadi sound healing itu merupakan meditasi atau penyembuhan melalui suara/musik biasanya bisa di gunakan singing bowl, ataupun bisa menggunakan lagu-lagu atau musik-musik dengan frekuensi tertentu, karena di beberapa frekuensi tertentu yang bisa membuat healing atau penyembuhan di dalam diri, itulah sound healing, ” ungkap Putu Reny Rahmawati. 


Selain itu dijelaskan manfaat sound healing sangat besar dan paling sering dirasakan  adalah di saat mengalami insomia atau tidak bisa tidur yang tersembuhkan dengan sound healing. 

Sementara itu Agung Istri Desy Sri Wangi menambahkan  jika sound healing memiliki hubungan dengan sisi psikologi yaitu sound healing akan mempengaruhi hormon hormon yang dihasilkan oleh kelenjar yang salah satunya ada di otak yaitu pineal. 

“Sound healing akan mempengaruhi hormon- hormon yang dihasilkan oleh kelenjar yang salah satunya ada di otak yaitu pineal seperti hormon melatonin dan hormon yang dihasilkan oleh neurotransmitter lainnya atau zat kimia lainnya seperti dopamine, oksitosin, seretonin, dan endorphin yang mana semua itu akan mempengaruhi sisi kebahagiaan atau meningkatkan rasa kenyamanan dan merelease stres dari tubuh kita," terangnya. 

Efek dari sound healing itu dinilai sangat besar  pengaruhnya, apalagi untuk kita ketahui tubuh kita 75 persennya adalah air yang mana air itu merupakan konduktor yang baik untuk menghantarkan  getaran atau frekuensi."Karena sound itu memberikan salah satu keuntungan yaitu frekuensi yang sangat menenangkan untuk tubuh kita sehingga penerapannya sangat baik sekali jika kita menggunakan sound healing untuk penyembuhan," pungkas Agung Istri Desy Sri Wangi. *tja

Komentar