nusabali

20 Siswa SMP Terbaik Maju ke Final KST

  • www.nusabali.com-20-siswa-smp-terbaik-maju-ke-final-kst

AMLAPURA, NusaBali
Putaran final Kompetisi Sains Terpadu (KST) VII IPA Tingkat SMP se-Bali telah meloloskan 20 siswa terbaik.

KST yang digelar MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPA SMP Karangasem nantinya dilaksanakan, di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Senin (31/5).

Ketua MGPG IPA SMP Karangasem I Gede Sarya didampingi Ketua Panitia I Nyoman Parsa mengungkapkan hal itu di sela-sela melakukan persiapan di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem Jalan Veteran Amlapura, Minggu (30/5).

I Gede Sarya memaparkan, KST VII IPA Tingkat SMP yang dilaksanakan tahun 2021, diikuti 194 siswa SMP se-Bali yang mulai mendaftar pada  3-24 Mei lalu. Mulanya di babak penyisihan pada Sabtu (29/5), menggelar lomba daring (dalam jaringan) dan meloloskan 20 peserta ke babak final.

Sebanyak 20 siswa SMP itu masing-masing berasal dari: Denpasar sebanyak 5 siswa, Buleleng sebanyak 3 siswa, Jembrana sebanyak 1 siswa, dan Karangasem sebanyak 11 siswa.

I Gede Sarya KST menyebutkan, tujuan menggelar KST diantaranya untuk  membangkitkan peserta didik untuk mencintai pelajaran IPA. Selai iti,  mengidentifikasi anak didik berprestasi di kabupaten/kota serta  menumbuhkan siswa berpikir kritis, sistimatis, kreatif dan inovatif. "Juga memetakan kualitas pendidikan bidang IPA di Bali," katanya.

Panitia juga menyediakan hadiah untuk para pemenang. Untuk juara I berhak atas trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 700.000. Juara II berhak atas trofi, piagam dan uang pembinaan Ro 500.000 dan juara III berhak atas trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 300.000.

Acara pembukaan KST VII di Aula Sabha Widya Praja, dibuka Bupati Karangasem I Gede Dana. Dalam pesannya, saat lomba yang menghadirkan siswa, tetap memperhatikan protokol kesehatan, di samping untuk mencari peserta yang terbaik.

Tahun 2020, KST tidak diadakan, mengingat masih maraknya pandemi Covid-19, sedangkan tahun 2019 digelar juaranya diraih siswa dari SMPN 1 Gianyar, Gede Indra Prabawa. *k16

Komentar