nusabali

Timnas Dikalahkan Afghanistan, Shin Tae-yong Soroti Pertahanan dan Operan Pemain

  • www.nusabali.com-timnas-dikalahkan-afghanistan-shin-tae-yong-soroti-pertahanan-dan-operan-pemain

DUBAI, NusaBali.com - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyoroti kualitas pertahanan dan operan yang ditunjukkan skuadnya dalam laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai, Selasa (25/5), yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan lawan.

"Banyak kekurangan, pertama untuk 'stopper', kemudian 'passing'. Secara keseluruhan masih banyak yang perlu diperbaiki dan itu harus dituntaskan satu demi satu," ujar Shin, Rabu (26/5/2021).

Dalam laga melawan Afghanistan, tim Garuda harus tertinggal tiga gol terlebih dahulu sebelum memperkecil kedudukan.  Gol pertama Afghanistan bahkan dilesakkan di awal-awal pertandingan, tepatnya menit keenam.

Selain kelengahan lini belakang, Shin Tae-yong juga memperhatikan soal serangan balik anak-anak asuhnya yang dianggapnya tak efektif.
"Kami sulit melakukan serangan balik yang baik," tutur dia.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi semangat juang Evan Dimas dan kawan-kawan yang setidak-tidaknya mampu melesakkan dua gol pada babak kedua.

Menurut dia, hal tersebut menunjukkan kegigihan dan para pemain layak mendapatkan terima kasih untuk itu. "Saya berterima kasih atas usahanya," kata Shin.

Menurunkan duet Rachmat Irianto dan Andy Setyo di jantung pertahanan, lini belakang skuad Garuda terlihat masih rapuh sehingga kembali harus kebobolan sesaat sebelum turun minum, tepatnya di menit 44. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan Afghanistan.

Di babak kedua, perubahan pemain dilakukan Shin Tae-yong. Arsitek asal Korea Selatan itu mengganti enam pemainnya sekaligus saat turun minum, antara lain dengan memasukkan Eggy Maulana Fikri.

Selepas itu, perubahan yang dilakukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mulai terlihat.
Egy Maulana Vikri, yang menempati posisi Braif Fatari, berhasil memperkecil kedudukan. Golnya pada menit ke-64 memanfaatkan umpan Kushedya Yudo mengubah skor menjadi 1-3.

Lima menit berselang, Timnas Indonesia kembali menjebol gawang Afghanistan. Kali ini melalui aksi Adam Alis setelah menerima umpan tendangan bebas dari Egy Maulana Vikri.

Dua gol tersebut, membuat para pemain timnas semakin bersemangat untuk mencetak gol lagi. Namun, gol tersebut tak kunjung tiba hingga peluit panjang dibunyikan. Indonesia pun menyerah 2-3

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Oman, juga dalam pertandingan uji coba pada Sabtu (29/5/2021).

Partai uji coba menghadapi Afghanistan dan Oman menjadi bagian dari persiapan timnas Indonesia untuk menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di Grup G, yang seluruh pertandingannya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab, skuad Garuda akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.


Berikut susunan starter pemain timnas Indonesia vs Afghanistan:

  • Kiper: Adi Satryo
  • Belakang: Firza Andika, Rachmat Irianto, Andy Setyo, Rifad Marasabessy
  • Tengah: Osvaldo Haay, Ady Setiawan, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman
  • Depan: Saddam Gaffar, M. Rafli.


Komentar