nusabali

Legong Lanang Nandira Jaya Pangus Dikupas dalam Talkshow dan Pentas Virtual

  • www.nusabali.com-legong-lanang-nandira-jaya-pangus-dikupas-dalam-talkshow-dan-pentas-virtual

GIANYAR, NusaBali.com – Seni Tari Legong bukan hanya dimainkan oleh para penari wanita. Daya pesona tari Bali ini secara langka juga dibawakan oleh para penari pria atau biasa disebut dengan Legong Lanang.

Kekayaan kazanah seni Bali ini tergolong langka dan unik sehingga menjadi kajian menarik dalam sebuah talkshow Joyfull Bali yang digelar di Balerung Puri Peliatan Ubud, Gianyar pada Minggu (23/5/2021) petang. 

Acara yang  yang digagas Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) dan Sanggar Balerung Peliatan Ubud, menyajikan pagelaran tari Legong Lanang Nandira Jaya Pangus. Aksi tiga penari Legong Lanang itu pun bisa diikuti penonton secara virtual melalui aplikasi Zoom.

“Pelaksanaan Joyfull Bali ini bertujuan memberikan ruang kepada seniman Bali untuk tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19,” kata  Ketua DPD PPMI Provinsi Bali I Gede Pande Eka Priyika.

Sebagaimana diketahui pandemi yang melanda sejak lebih setahun silam membuat seniman terkendala dalam berkarya.  Sebagai organisasi pemuda yang berfokus melestarikan seni dan budaya Bali, DPD PPMI Bali pun memandang perlu adanya wadah bagi seniman.


“Selain untuk mempromosikan destinasi pariwisata Bali, kami  juga memfasilitasi seniman yang ada di Bali untuk tetap berkarya,” jelas I Made Bayu Mahardika, Ketua Penyelenggara Joyful Bali.

Joyfull Bali dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha mewakili Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.  Hadir pula anggota DPD RI Dapil Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Wedasteraputra Suyasa (AWK); anggota DPRD Provinsi Bali, I Komang Nova Sewi Putra; Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, Perbekel Desa Peliatan serta undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan  yang ketat.


“Saya mengapresiasi DPD PPMI Provinsi Bali yang memberikan ruang walaupun secara terbatas untuk menampilkan suatu event kesenian di masa pandemi ini yang kami percaya salah satu cara untuk membuat manusia itu sehat adalah dengan berkesenian,” puji AWK.

Acara yang berlangsung pukul 17.00 – 18.30 Wita itu  diawali dengan talkshow tentang sejarah dan perkembangan Legong Lanang Peliatan, Ubud, yang dipandu I Gusti Ayu Evita Trisnarini, Putri Pariwisata Indonesia Bali 2018. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Anak Agung Gde Oka Dalem, seorang maestro tari yang juga pendiri Balerung Stage. 

Selain menjadi wadah para seniman untuk tetap berkarya di masa pandemi, pertunjukan Legong Lanang ini juga untuk menjawab kerinduan para wisatawan terhadap Bali sehingga ke depannya diharapkan akan semakin banyak kegiatan semacam ini, bukan hanya tari melainkan juga kesenian lainnya. *yan

Komentar