nusabali

Tiang Listrik Roboh Tertimpa Pohon Kelapa

  • www.nusabali.com-tiang-listrik-roboh-tertimpa-pohon-kelapa

AMLAPURA, NusaBali
Tertimpa pohon kelapa tumbang, tiang listrik di Banjar Bloncing, Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen, Karangasem roboh, Minggu (23/5).

Pohon kelapa itu ditebang oleh I Ketut Astika, 85. Sementara tiang listrik yang roboh tertimpa pohon kelapa mengenai emperan warung dan sepeda motor. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian material ditaksir belasan juta rupiah.  

Informasi di lapangan, siang itu pemilik pohon kelapa I Nyoman Pepek, 69, minta bantuan kepada Ketut Astika untuk menebang pohon kelapa. Maka Ketut Astika menebang pohon kelapa setinggi 25 meter. Tahap pertama, pohon kelapa ditebang dengan panjang 8 meter. Batang pohon kelapa diikat dengan tali sling agar jatuhnya bisa diarahkan. Di luar dugaan, pohon kelapa yang telah dipotong dan ditarik dengan tali sling terpental lalu menimpa kabel listrik. Sejurus kemudian kabel listrik terseret dan merobohkan tiang listrik ke tengah jalan.

Kabel dan pohon kelapa menimpa emperan warung milik Kadek Suka Astawa, 41, dan menimpa motor Honda Beat DK 2921 SX milik I Wayan Salia, 50. Kerugian warung diduga sekitar Rp 15 juta dan kerusakan sepeda motor Rp 500.000. Warga setempat melaporkan kasus itu ke petugas PT PLN Persero Amlapura. Petugas PLN segera datang melakukan pemadaman listrik. Sebelum perbaikan kabel, pengendara kendaraan bermotor dari Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen menuju Klungkung, terhenti sementara. Penebang pohon, Ketut Astika mengaku tak menyangka potongan batang kelapa terpental menerjang kabel listrik dan warung. “Dari awal saya sudah perhitungkan agar batang pohon jatuh sesuai arah penarik tali sling, justru terpental menindih kabel listrik,” kata I Ketut Astika. Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Merta Kariana yang turut mengatur lalulintas selama penanganan merasa bersyukur karena saat kejadian tidak ada pengendara melintas. “Menebang pohon di dekat kabel listrik hendaknya lebih berhati-hati, apalagi dekat jalan raya,” pinta AKP I Nyoman Merta Kariana. *k16

Komentar