nusabali

KMHDI Banjarmasin Ingin Cetak Kader Berkualitas

  • www.nusabali.com-kmhdi-banjarmasin-ingin-cetak-kader-berkualitas

JAKARTA, NusaBali
Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merayakan HUT ke-15 pada Selasa (25/5).

Ketua PC KMHDI Kota Banjarmasin I Gede Andre Gunawan mengatakan, HUT dirayakan secara sederhana. Mereka akan melakukan silaturahmi dengan sesama kader dan pemotongan kue pada 28-29 Mei 2020 mendatang.

Sebagai Ketua PC KMHDI Kota Banjarmasin periode 2020-2022, Gede Andre berharap di ulang tahun ke-15 PC KMHDI Kota Banjarmasin menjadi organisasi yang lebih berperan aktif bagi umat Hindu. “Selain itu, ingin mencetak kader berkualitas,” kata Andre, Sabtu (22/5). 

“Untuk mencetak kader berkualitas, kami melalukan sistem kaderisasi yang ada di KMHDI secara periodik tanpa meninggalkan nilai-nilainya. Lalu sering melibatkan kader dalam forum-forum diskusi agar melatih pola pikir serta membuat mereka lebih kritis lagi,” papar Andre.

Tak ketinggalan mengikutsertakan kader dalam diklat manajemen organisasi (DMO). Sementara untuk menjadi organisasi yang lebih berperan aktif bagi umat Hindu, kata Andre, mereka sering diskusi bersama tokoh Hindu. Dari hasil diskusi itu, mereka melakukan sebuah kegiatan yang mengarah pada kebutuhan umat. Antara lain, melakukan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada umat Hindu yang membutuhkan. 

“Kami menyasar umat yang tidak mampu di desa-desa. Kami juga memberikan sembako kepada lansia. Pemberian sembako bersamaan dengan program KMHDI Mengajar sehingga menjadi satu rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Andre.

Pria yang duduk di semester enam jurusan Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat ini menerangkan, KMHDI Mengajar secara teknis memberikan pengetahuan umum tentang agama Hindu kepada anak-anak di pedalaman. Konsep belajarnya dilakukan sambil bermain.

“Itu dilakukan setahun sekali mengingat daerah yang dikunjungi memang di luar kota Banjarmasin. Untuk itu, harus survei terlebih dahulu agar tidak salah sasaran. Tujuan KMHDI Mengajar demi mengimplementasikan jati diri KMHDI yaitu humanis, dan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap umat,” tandas Andre. 7 k22

Komentar