nusabali

Dua Incumbent Kembali Terpilih

Pemilihan Perbekel di 3 Desa di Kabupaten Jembrana

  • www.nusabali.com-dua-incumbent-kembali-terpilih

Perbekel Nusasari, Kecamatan Melaya dan Perbekel Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana berhasil mempertahankan posisinya.

NEGARA, NusaBali
Pemilihan perbekel (Pilkel) serentak di 3 desa di Kabupaten Jembrana, yakni Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, dan Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, digelar pada Sabtu (22/5). Dua incumbent yang kembali bertarung, yakni I Wayan Ardana (incumbent Perbekel Nusasari) dan I Gusti Putu Murdi (incumbent Perbekel Dangin Tukadaya), berhasil mempertahankan dominasi suara. Sementara dalam Pilkel Desa Gumbrih yang tanpa incumbent, berhasil dimenangkan I Nyoman Adi Rosadi. 

Data yang diterima NusaBali sesuai hasil rekapitulasi suara dari 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkel Nusasari, Kecamatan Melaya, incumbent I Wayan Ardana yang tarung head to head dengan I Ketut Sudarsa, berhasil unggul dengan memperoleh 1.486 suara. Sedangkan lawannya, I Ketut Sudarsa (Kelian Banjar atau Kepala Kewilayahan Banjar Nusasakti) memperoleh 944 suara. 

Sementara dari 11 TPS Pilkel Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, incumbent I Gusti Putu Murdi yang bertarung dengan 3 calon lainnya, unggul dengan memperoleh 1.783 suara. Kemudian urutan kedua dengan perolehan 718 suara diraih I Wayan Utama yang merupakan mantan Perbekel Dangin Tukadaya periode 1995-2000. Menyusul di urutan ketiga diraih I Made Arsana (483 suara), dan urutan terakhir I Made Desi Arianto (336 suara). 

Sedangkan dalam Pilkel Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, yang menjadi tarung head to head sesama newcomer, I Gede Wiratha Ardiyasa dengan I Nyoman Adi Rosadi, berhasil dimenangkan I Nyoman Adi Rosadi. Dari 7 TPS Pilkel Gumbrih, Adi Rosadi yang merupakan purnawirawan TNI yang juga mantan Babinsa Desa Gumbrih, unggul dengan memperoleh 1.041 suara. Sedangkan Wiratha Ardiyasa yang merupakan Kepala Kewilayahan Banjar Serong, hanya memperoleh 779 suara. 

Rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilihan perbekel di Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Sabtu (22/5). -IST

Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jembrana I Putu Shindu Yasa, mengatakan pilkel serentak 3 desa tersebut berjalan lancar. Pilkel dengan sistem pencoblosan itu berjalan sesuai standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19. “Semua berjalan aman dan lancar. Tidak ada permasalahan,” kata Shindu Yasa, Sabtu kemarin. 

Setelah rekapitulasi suara kemarin, Panitia Pilkel di 3 desa tersebut langsung menetapkan perbekel terpilih. Untuk proses selanjutnya, hasil rekapitulasi itu akan dilaporkan oleh Panitia Pilkel kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Setelah itu, dari BPD yang akan mengajukan permohonan pelantikan kepada Bupati melalui Camat untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) pelantikan oleh Bupati. “Rencana pelantikan dilaksanakan pada 30 Juli, bersamaan dengan berakhir masa jabatan perbekel periode saat ini,” ucap Shindu Yasa. 7 ode

Komentar