nusabali

84 Prajurit Kodam Udayana Dikirim ke Papua

  • www.nusabali.com-84-prajurit-kodam-udayana-dikirim-ke-papua

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 84 prajurit Kodam IX Udayana mengikuti pelatihan pratugas di Rindam IX Udayana, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Puluhan prajurit itu akan mengikuti pelatihan selama 21 hari kedepan sebelum menjalankan Bawah Kendali Operasi (BKO) di Kodam XVII Cendrawasih, dan Kodan XVIII Kasuari.

Prajurit pilihan ini merupakan perwakilan dari masing-masing Kodim di lingkungan Kodam IX Udayana. Pelatihan pratugas ini sudah dibuka pada Kamis (20/5) di Aula I Gusti Ngurah Rai Mako Rindam IX Udayana oleh Danrindam IX Udayana Kolonel Infanteri Joao Xavier Barreto Nunes.

Danrindam IX Udayana Kolonel Infanteri Jao Vavier Barreto Nunes mengatakan latihan pratugas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Serta menguji aparat teritorial BKO di Kodim persiapan bertugas ke wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari TA 2021. "Pratugas ini adalah BKO Gelombang III," ujarnya Jumat (21/5).

Dikatakan latihan selama 21 hari akan diisi berbagai materinya mulai dari taktik, teknik tempur, serta para prajurit juga diberikan ilmu keterampilan. Mulai dari ilmu pertukangan, pertanian, perkebunan termasuk belajar bahasa dan budaya masyarakat papua. "Pelatihan di Rindam IX Udayana akan dilaksanakan selama 21 hari mulai dari kemarin (Kamis)," imbuhnya.

Kolonel Jao Vavier Barreto Nunes berharap kepada seluruh peserta diminta serius dan sungguh-sungguh mengikuti latihan. Agar pelaksanaan tugas di daerah penugasan dapat berhasil sesuai dengan harapan. "Mereka akan berangkat sekitar bulan," tandasnya.

Dia menambahkan anggota yang di BKO ke Papua ini akan bertugas selama setahun. Mereka akan berangkat bulan Juni 2021 mendatang. Selama bertugas di Papua mereka akan menjadi Bhabinsa di Kodim wilayah Kodam Cendrawasih dan Kodam Kasuari. "Bulan depan mereka sudah brangkat," terang Kolonel Jao Vavier Barreto Nunes. *des

Komentar