nusabali

Bupati Sedana Arta Ingatkan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-ingatkan-pengelolaan-sampah-berbasis-sumber

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka bimbingan teknis (bimtek) dengan peserta perbekel se-Kabupaten Bangli di gedung diklat RSJ Provinsi Bali di Bangli, Jumat (21/5).

Bupati mengingatkan seluruh perbekel melakukan pengelolaan sampah berbasis sumber di desa masing-masing. Para perbekel diminta mencontoh desa yang sudah sukses kelola sampah. Mereka juga diminta solid, kompak, dan jengah membangun Bangli.  


Menurut Bupati Sedana Arta, ada beberapa langkah strategis dalam pengelolan sampah. “Sampah-sampah yang ada di desa harus diselesaikan di sumbernya,” pinta Sang Nyoman Sedana Arta. Antara desa dinas dan desa adat harus bersinergi untuk bisa menangani sampah dari sumbernya. Bahkan penanganan sampah yang tepat bisa menjadi sumber pendapatan bagi desa. Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini meminta perbekel tidak malu meniru desa-desa yang sudah mampu mengolah sampahnya. “Pengelolaan sampah bisa menjadi sumber pendapatan desa,” sebutnya.

Bupati Sedana Arta menegaskan, bimtek ini bisa mempersatukan komitmen membangun Bangli. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bangli I Dewa Bagus Riana Putra menambahkan, bimtek dilaksanakan secara rutin. Pemkab Bangli menghadirkan Perbekel Desa Taro, Kecamatan Tegalalang, Gianyar sebagai narasumber. “Kami yakin ini bisa menjadi percontohan kepada para perbekel untuk menerapkan di desanya masing-masing sehingga sampah tuntas di sumbernya,” sebutnya. *esa

Komentar