nusabali

Cegah Balap Liar, Polsek Sukawati Amankan 9 Remaja

  • www.nusabali.com-cegah-balap-liar-polsek-sukawati-amankan-9-remaja

GIANYAR, NusaBali
Polsek Sukawati, Gianyar, mengamankan 9 remaja, Minggu (16/5) subuh sekitar pukul 04.00 Wita.

Sekelompok remaja ini diamankan berikut 5 unit sepeda motor knalpot brong. Mereka dikeler ke Mapolsek Sukawati guna mencegah terjadinya dugaan aksi balap liar.

Kapolsek Sukawati AKP I Made Ariawan mengatakan para remaja ini ditemukan kumpul-kumpul di sekitar Patung Bayi Sakah, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati. Diduga, jalur lurus ke arah Jalan Raya Desa Mas – Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, akan dijadikan arena trek-trekan. Sembilan remaja ini ada yang dari Kecamatan Sukawati, Blahbatuh, Payangan, bahkan ada dari Bangli. "Usianya rata-rata 16 tahun, ada juga yang 17 tahun," jelas AKP Ariawan saat dikonfirmasi, Minggu (16/5) siang.

Bersama para remaja ini, polisi juga mengamankan lima unit sepeda motor yang terdiri dari 3 unit Yamaha N-Max, 1 unit Honda Vario dan 1 unit Honda Beat. Sepeda motor ini diduga akan digunakan untuk trek-trekan. Masing-masing dikendarai oleh remaja berinisial IKJ, IKB, AANP, IWY, dan IWS. Sedangkan empat orang remaja lainnya hanya berboncengan.

Para remaja ini juga tidak ada yang memiliki SIM, tanpa mengenakan helm dan ada yang sepeda motor tanpa plat nomor kendaraan. "Ada yang tanpa spion. Ada juga yang menggunakan knalpot brong serta berboncengan tiga," ungkapnya. Sepeda motor yang dimodifikasi pakai kenalpot brong juga membuat bising dan mengganggu ketertiban masyarakat.

Terhadap 9 remaja ini, Polsek Sukawati mengintrogasi dan menberi pembinaan. Mereka pun akhirnya diperbolehkan pulang dengan catatan dijemput oleh keluarga. "Sementara 5 sepeda motor kami tahan. Diberi sanksi tilang karena melanggar peraturan lalu lintas," tegas Kapolsek AKP Ariawan. Sebelum pulang, 9 remaja ini berjanji tidak akan mengulangi lagi dengan menanda tangani surat pernyataan bermaterai yang disaksikan orang tuanya.

Ditambahkan Kapolsek AKP Ariawan, kegiatan rutin yang ditingkatkan menjadi atensi dari Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana. Tujuannya untuk menjaga kondusifitas keamanan di wilkum Polres Gianyar.

"Operasi khususnya di wilayah hukum Polsek Sukawati terus digalakkan sebagai antisipasi kriminalitas kejahatan jalanan, terorisme, trek-trekan serta gangguan kamtibmas. Juga penting untuk pencegahan penularan Covid-19," jelasnya.*nvi

Komentar