nusabali

Bupati Suwirta Dukung Petani Tanam Padi Setahun 3 - 4 Kali

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-dukung-petani-tanam-padi-setahun-3-4-kali

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendukung petani menerapkan pola tanam berkonsep Indeks Pertanaman (IP) 400 dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Dengan konsep ini, dalam setahun di hamparan sawah yang memiliki irigasi sepanjang tahun, dapat ditanami padi selama empat kali. Hal itu disampaikan Bupati Suwirta saat  menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Musim II dalam rangka Optimalisasi Peningkatan Indek Pertanaman (IP) tahun 2021, di Subak Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Sabtu (15/5). Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida.

Bupati Suwirta dalam kesempatan tersebut menyampaikan melalui program ini bisa mengenjot produktivitas padi dengan sejumlah terobosan melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya dengan konsep Indeks Pertanaman (IP) 400 dari Kementerian Pertanian (Kementan). Dengan ini diharapkan pola tanam, terutama padi lebih cepat antara 3 sampai 4 kali panen dalam setahun dengan umur panen selama 70 hari. "Kami harapkan bisa lebih cepat dan menghasilkan gabah lebih banyak sehinga bisa meningkatkan produktivitas padi untuk program bima juara," ujar Bupati Suwirta.

Bupati juga meminta ara petani harus bisa menghitung manajemen bisnisnya dari hulu sampai hilir untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida menjelaskan Subak Sidayu mendapatakan indek pertanaman IP 400 dari Kementerian Pertanian seluas 25 ha dengan varietas Ciherang/M70D. Subak ini juga menerima bantuan sarana produksi berupa bantuan Pupuk NP+ sebanyak 3,75 ton, Pupuk Mikro 25 liter,  Pupuk Hayati 375 kg, Pupuk kandang 2,5 ton dan Dekomposer, 75 liter. "Sistem ini diharapkan dapat membantu upaya mencukupi kebutuhan pangan penduduk, yang terus miningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk," harap Juanida. *wan

Komentar