nusabali

Kadin Bali dan Dubes UE Bertemu

Bahas Pariwisata dan Perdagangan

  • www.nusabali.com-kadin-bali-dan-dubes-ue-bertemu

DENPASAR,NusaBali
Ingin tahu dan mendapatkan informasi kesiapan Bali untuk persiapan border, pasar internasional dan pemulihan ekonomi, Dubes Uni Eropa (UE) HE Vincent Piket berkunjung ke Kadin Bali di Kantor Kadin Bali di Jalan Mawar, Dangin Puri, Denpasar, Senin(10/5).

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Vincent Piket didampingi Konselor Pertama dalam Bidang Perdagangan dan Ekonomi Ms Marika Jakas.

Dubes HE Vincent Piket diterima Wakil Ketua Umum Bidang Investasi dan Pariwisata Agus Mahausada,  Wakil Ketua Umum Bidang Akomodasi dan Pengembangan Pariwisata, Made Ramia Adnyana, Wakil Umum Bidang Perdagangan International Nani Chan dan pengurus Kadin lainnya.

Dalam pertemuan itu HE Vincent mengatakan  Uni Eropa telah melaksanakan hampir 70 persen vaksin sampai bulan Juli 2021.

Selama ini lanjutnya sudah terjalin kerjasama yang baik antara Uni Eropa dan Kadin Indonesia termasuk Kadin Bali. Terutama fokus pada craft industri atau furniture yang berkualitas. Demikian juga komiditi perdagangan diantaranya kopi Bali, garam Amed, Karangasem dan lainnya.

Sementara Agus Maha Usadha menjelaskan  progress Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA).

Agus Mahausada berharap kemiteraan I-EU bisa di- link -kan untuk pemulihan ekonomi Bali melalui skema kerjasama komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa.

"Harapan kami  mulai dari membuka akses pasar, mendorong investasi dari perusahaan-perusahaan negara anggota Uni Eropa, hingga meningkatkan perdagangan dari Bali  ke Uni Eropa," ujar Agus Mahausada.

Hal itu bisa dilakukan melalui  kontak langsung saat pariwisata mulai dibuka. Ditambahkan Made Ramia Adnyana, border untuk Bali  dibuka  dengan berbagai persiapan baik sertifikasi CHSE, melakukan vaksin.

"Targetnya  70 persen  sampai bulan Juli 2021,"ujar Ramia. Namun ditekannya semua persiapan sangat tergantung kepada penurunan penanganan kasus Covid-19.

"Kita semua menginginkan semua berjalan sesuai skenario," tandas Ramia Adnyana, seusai pertemuan. *K17.

Komentar