nusabali

Denpasar Rampungkan Vaksinasi 465 Penyandang Disabilitas

  • www.nusabali.com-denpasar-rampungkan-vaksinasi-465-penyandang-disabilitas

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar merampungkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap 465 orang yang ada di Kota Denpasar, Minggu (9/5).

Mereka yang divaksinasi merupakan penyandang tuna rungu, tunadaksa dan skizofrenia untuk mempercepat proses vaksinasi terhadap mereka yang kesulitan menuju tempat vaksinasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dihubungi, Minggu (9/5) mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi khusus untuk disabilitas ini sudah dilakukan sejak, Sabtu (8/5) sampai, Minggu kemarin pukul 08.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita. Dalam pelaksanaan hari pertama, yang dilayani khusus penyandang skizofrenia sebanyak 85 orang.

Mereka divaksinasi di Rumah Berdaya, Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan. Sementara untuk vaksinasi penyandang disabilitas seperti tuna daksa dan tuna rungu dilakukan, Minggu di Rumah Disabilitas di Jalan Kamboja, Banjar Kereneng, Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara dengan total sebanyak 380 orang.

Dewa Rai mengatakan, penyandang disabilitas ini dikhususkan karena memberikan pelayanan bagi mereka agar mereka merasa terlindungi dari Covid-19. "Apalagi mereka kurang beruntung dari kita. Jadi mereka harus kita lindungi juga jangan sampai mereka dikira diabaikan," jelas Dewa Rai.  Dia mengatakan, untuk proses menjelang vaksinasi, pengumuman dilakukan oleh perbekel dan lurah maupun pembina panti khusus disabilitas agar menyampaikan vaksinasi Covid-19 ini ke keluarga mereka. Sebab, penyandang disabilitas perlu didampingi terutama bagi penyandang tuna daksa.

"Untuk saat ini penyandang disabilitas kan perlu didampingi oleh keluarga. Terutama yang tuna daksa. Kalau untuk vaksinasi pas penyuntikannya sih tidak ada kendala. Dan sudah terakhir tadi vaksinasinya sebanyak 380 orang. Kami harap dengan vaksinasi ini mereka terhindar dari penyebaran Covid-19," tandasnya. *mis

Komentar