nusabali

Pesan Jenar di 'Saling Kaden'

Jangan Berprasangka Berlebihan

  • www.nusabali.com-pesan-jenar-di-saling-kaden

Saling Kaden mengisahkan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, yakni sikap saling menduga atau berprasangka terhadap kehidupan orang lain.

AMLAPURA, NusaBali

Pandemi Covid-19 yang telah berlalu setahun lebih memang telah banyak memberikan perubahan pada dunia. Namun di sisi lain, di era pandemi justru banyak pula karya-karya musik yang hadir dari pemikiran kreatif. Seperti penyanyi pendatang baru, Made Adnyana atau yang disapa Sandek Jenar yang merilis lagu ciptaannya sendiri berjudul 'Saling Kaden'.

Lagu berjudul 'Saling Kaden' ini merupakan lagi perdana Jenar di pertengahan tahun 2021, yang diharapkan mampu meramaikan belantika musik Pop Bali. Saling Kaden mengisahkan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, yakni sikap saling menduga atau berprasangka terhadap kehidupan orang lain. Misalnya, kita berprasangka hidup teman kaya atau bahagia, padahal bisa saja kondisi yang diperlihatkan ke luar, belum tentu seperti apa yang dirasakan sebenarnya.

Begitu pula saat bertemu teman dan komunikasi sekedar basa-basi, biasanya sering menyebut teman sudah sukses dan kaya. Sebaliknya, ia pun sering mengekpresikan diri selalu dalam keadaan susah. Bahkan begitu juga sebaliknya. “Berangkat dari situ, dalam hidup semestinya kita jalani saja dengan apa adanya. Jangan memberikan prasangka berlebihan kepada orang lain yang belum benar adanya. Karena semua itu adalah upah hidup,” ungkap Jenar.

Jenar mengaku ingin menyalurkan persoalan tersebut sebagai dinamika kehidupakan yang sudah lumrah terjadi di masyarakat. Persoalan tersebut diangkat dalam sebuah karya musik yang bisa tertata rapi dan didengar, sehingga anggapan saling kaden bisa diminimalisir.

Keberaniannya untuk memulai patut diacungi jempol. Sekadar diketahui, Sandek Jenar merupakan saudara sepupu dari Tahta Agastya yang sudah lebih dulu menjajal dunia musik Pop Bali.

“Berbagai cara bisa kita ungkapkan apa yang terjadi di masyarakat. Tapi, saya coba dengan sebuah karya musik. Sedikit tidaknya bisa mengungkap fenomena yang terjadi di masyarakat,” kata penyanyi asal Banjar Dinas Bau Kangin, Desa Nawa Kerti, Kecamatan Abang, Karangasem ini.

Diakui, untuk aransemen musik dari lagu 'Saling Kaden' ini digarap langsung oleh Saraff dari Four United Band. Dia pun berharap, kehadiran lagu hasil ciptaannya sendiri bisa diterima di tengah-tengah masyarakat pencinta lagu-lagu Pop Bali. “Mudah-mudahan bisa menghibur dan meramaikan khasanah musik Pop Bali yang semakin digemari oleh semua kalangan masyarakat,” harap Sandek Jenar. *ind

Komentar