nusabali

Polda Buka Samsat Drive Thru di Batubulan

  • www.nusabali.com-polda-buka-samsat-drive-thru-di-batubulan

GIANYAR, NusaBali
Polda Bali melaunching program inovasi pelayanan publik untuk mendukung program prioritas Polri, Jumat (7/5).

Inovasi tersebut, Samsat Kerti (ke rumah tinggal), Mobile Samsat Drive Thru (samsat keliling), Samsat Drive Thru dan SKCK Drive Thru. Khusus Samsat Drive Thru di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, dilaunching secara virtual oleh Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, dihadiri Bupati Gianyar Agus Mahayastra, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, dan undangan terkait.

Saat peresmian, sejumlah wajib pajak sudah langsung bisa membayar pajak secara drive thru. Tanpa turun dari kendaraan, cukup 5 menit sudah selesai.

Kapolres Dewa Adnyana menjelaskan Samsat Drive Thru merupakan program Polda Bali berkaitan dengan pelayanan publik dalam rangka mendukung program prioritas Polri. Ada pun yang dilaunching salah satunya Samsat Drive Thru Batubulan. ‘’Disini disiapkan fasilitas pada masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor roda dua dan roda empat," jelas AKBP Dewa Adnyana, didampingi Kasatlantas Polres Gianyar AKP Laksmi Trisnadewi Wieryawan dan Kasubag Humas Polres Gianyar AKP Nyoman Hendrajaya.

Kata dia, lokasi strategis di Desa Batubulan dapat dijangkau masyarakat Kecamatan Sukawati dan sekitarnya. "Jangkauannya bisa di Gianyar dan terdekat. Karena sifatnya sudah online. Khusus perpanjangan," jelasnya. Sejumlah personel atau petugas telah siaga di Samsat Drive Thru ini mulai dari Satlantas Polres Gianyar, Dispensa, Jasa Raharja dan Perbankan, BRI dan Bank BPD Bali.

Kepala UPTD Samsat Bersama Gianyar Anak Agung Rai Sugiarta mengatakan masyarakat antusias terhadap layanan ini. "Karena cepat, tepat, instan dan mudah. Jadi kami selaku UPTD Samsat Gianyar berterima kasih ke semua pihak, Pak Bupati dan Polres yang mendorong program ini," ujar pejabat asal Peguyangan, Denpasar ini.

Samsat Drive Thru ini buka setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 Wita sampai 14.00 Wita. "Jadi wajib pajak yang di Denpasar boleh juga kesini," jelasnya.

Meluasnya jangkauan, diakui meningkatkan potensi pendapatan pajak kendaraan bermotor. "Kurang lebih ada peningkatan 45 persen. Masyarakat antusias karena cepat, tidak antri lama, kurang dari 5 menit selesai," ujar Agung Rai Sugiarta.

Ditambahkan, selain Samsat Drive Thru Batubulan, terdapat total 3 lokasi pelayanan yang dibuka oleh UPTD Samsat Bersama Gianyar. "Satu di timur kantor pusat. Satu di utara kantor Samsat Pembantu di Desa Sayan, Ubud. Satu lagi di Batubulan. Kami rasa 3 lokasi ini sangat strategis. Dan terpenting bisa memecah kerumuman sekaligus mengoptimalkan pendapatan," imbuhnya.

Salah satu wajib pajak, I Wayan Sudiarsa berharap, Samsat Drive Thru bisa juga dibangun di wilayah Gianyar bagian utara, antara di Desa Tegallalang atau Kecamatan Payangan. Dia mengetahui ada Samsat Drive Thru karena sering melintas di Jalan Raya Batubulan. "Sering bolak-balik disini. Kemarin tanya sama polisi, pas waktu nyamsat saya kesini," jelasnya. *nvi

Komentar