nusabali

Polres Jembrana Launching Layanan SIM dan Samsat Drive Thru

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-launching-layanan-sim-dan-samsat-drive-thru

NEGARA, NusaBali
Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, melaunching layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Samsat dengan pelayanan secara drive thru (layanan tanpa turun dari kendaraan) di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Jembrana, Jumat (7/5) pagi.

Layanan SIM dan Samsat drive thru ini menjadi terobosan dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat, khususnya perpanjangan SIM dan pengesahan Samsat. Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, didampingi Kasat Lantas Polres Jembrana AKP I Dewa Gede Ariana, mengatakan layanan SIM dan Samsat drive thru ini, sesuai dengan visi dan misi Kapolri menuju Polri yang Presisi. Khususnya dalam rangkaian program prioritas 100 hari Kapolri, terkait transformasi pelayanan publik. “Ini salah satu program prioritas bapak Kapolri. Beliau komitmen memberikan pelayanan lebih mudah, cepat, dan aman,” ujarnya.

Menurut AKBP Adi Wibawa, untuk proses layanan perpanjangan SIM ataupun Samsat drive thru ini, tidak membutuhkan waktu lama. Sebelumnya, pemohon tentunya sudah harus membawa syarat-syarat lengkap. Seperti untuk perpanjangan SIM, menyerahkan SIM dan KTP yang asli beserta fotocopy, dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Setelah menyerahkan persyaratan dan membayar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), SIM yang baru pun sudah langsung jadi. “Prosesnya tidak sampai 5 menit. Tetapi untuk pembuatan SIM baru, tetap harus di Polres karena ada beberapa ujian yang harus diikuti,” ujarnya.

AKBP Adi Wibawa menambahkan, disediakanya layanan SIM dan Samsat drive thru ini, juga dibuat berkenaan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dengan layanan ini, dapat menghindari kontak langsung petugas dengan masyarakat dan menghindari adanya kerumunan dalam jumlah banyak. “Ini juga untuk mencegah kerumunan. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Jadi, masyarakat juga lebih aman,” ucap AKBP Adi Wibawa. *ode

Komentar