nusabali

Grand Final Jegeg Bagus Klungkung 2021 Digelar Minggu di Pasar Seni Semarapura

  • www.nusabali.com-grand-final-jegeg-bagus-klungkung-2021-digelar-minggu-di-pasar-seni-semarapura

SEMARAPURA, NusaBali
Paguyuban Jegeg Bagus Klungkung (JBK) sedang mematangkan persiapan grand final pemilihan JBK tahun 2021.

Acara ini akan digelar di Blok A Pasar Seni Semarapura, Klungkung, Minggu (9/5) mendatang. ‘’Karena dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan  ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes),’’ kata Ketua Umum Jegeg Bagus Klungkung, I Gede Mahendra Ananda Wiguna, saat ditemui Jumat (7/6).

Kata dia, beberapa teknis yang disesuaikan, antara lain, grand final yang tahun-tahun lalu ditonton secara langsung oleh masyarakat dan mengundang sponsor dan undangan lainnya. Kini diubah dengan tertutup dan penonton dibatasi sesuai arahan Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung. "Namun, akan kami siarkan secara langsung melalui kanal atau channel Youtube Jegeg Bagus Klungkung," kata pemuda asal Banjar Sangging, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung ini.

Jelas dia, begitu pula untuk penempatan akses masuk area kegiatan dipisah dengan akses keluar area. Ketika masuk ke area kegiatan, prokes dilakukan dengan cek suhu tubuh dan pembersihan tangan dengan cairan hand sanitizer bagi semua pihak yang terlibat dalam grand final. Mewajibkan seluruh undangan, panitia, finalis, crew dan pengisi acara untuk menggunakan masker dan atau face shield.

Menempatkan posisi duduk bagi undangan sesuai dengan prokes, dan beberapa teknis lainnya sesuai dengan arahan Satgas Covid-19. Selain itu, kegiatan sesuai panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di penyelenggaraan kegiatan (event) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Papar Mahendra, grand final ini kelanjutan dari proses pemilihan atau seleksi awal pada tahun 2020. Namun karena ada pandemi Covid-19, pemilihan tahun 2020 lalu ditunda dan dilanjutkan tahun 2021 ini dengan memperhatikan prokes pandemi Covid-19. Seleksi Pemilihan JBK diikuti 26 orang, dengan rincian 12 orang Bagus dan 14 Jegeg. Proses seleksi dengan tahapan, peserta diberikan tugas untuk pembuatan video destinasi wisata yang dikonsepkan sendiri oleh peserta. Selanjutnya, seleksi berupa tes tertulis, forum group discussion (FGD) dan tes wawancara oleh dewan juri.

Peserta yang lolos menjadi finalis JBK 2021 sebanyak 4 pasang atau 4 besar (8 orang). Pasangan ini dengan mempertimbangkan gelar yang diperebutkan dan pemanfaatan JBK yang tidak terlalu banyak dalam menjalankan peran organisasi dan juga sebagai duta wisata.

Selain itu, 4 besar finalis yang bertahan hingga grand final 2021 sebanyak 7 orang karena salah satu finalis mengundurkan diri. 7 orang tersebut yakni Made Fandy Darma Putra, Gede Arda Wedana Prasetya, I Kadek Ari Anggara Putra, dan Kadek Indra Prawira Dinata (Bagus). Putu Sinthya Alyandi , Dewa Ayu Indah Lestari, dan Ni Kadek Lestya Adnya Suari (Jegeg).

Mahendra yang peraih TOP 5 Bagus Klungkung 2012 ini mengatakan, JBK tidak berdiam diri ketika dilanda pandemi Covid-19. Beberapa kegiatan dilakukan untuk membantu masyarakat, pembenahan lingkungan dan pariwisata Klungkung. Seperti, kegiatan donor darah di PMI Klungkung, berkolaborasi dengan Pemkab Klungkung dalam penanaman bibit, pembagian bibit sayuran dan sejenisnya pada masyarakat Klungkung. Promosi berupa video JBK Explore Klungkung di Desa Wisata Paksebali, Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

Menggelar Webinar Inspiring Talk, dan membuat video edukasi program unggulan Pemkab Klungkubg yakni tentang TOSS (Tempat Olahan Sampah Setempat). *wan

Komentar