nusabali

Satgas Covid Nasional Kunjungi Klungkung

  • www.nusabali.com-satgas-covid-nasional-kunjungi-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Satgas Covid-19 Nasional, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (5/5).

Kunjungan terkait kajian operasional penguatan/pembentukan posko di 128 kabupaten/kota wilayah PPKM Mikro meliputi 7 Provinsi Jawa-Bali. Hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klungkung dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Tenaga Ahli Pendamping Satgas Covid-19 Nasional I Nyoman Gde Agus Asrama mengatakan, Tim Pakar Satgas Covid-19 berkunjung untuk melakukan pendampingan penguatan/pembentukan posko. Kunjungan juga untuk mengidentifikasi situasi dan sumber daya yang tersedia, serta berdiskusi untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh posko satgas di tingkat kabupaten/kota. Dia mengapresiasi Kabupaten Klungkung telah menerapkan prokes dan pembentukan posko melibatkan desa adat sampai ke banjar.

Agus Asrama menyebutkan, kasus Covid-19 hampir terjadi diseluruh dunia. WHO meminta pemerintah untuk optimal melakukan penanganan. Menurut Agus Asrama, perilaku masyarakat menjadi kunci utama dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Posko ini harus dioptimalkan dan pencegahan jangan sampai kendor,” ucapnya.

Bupati Suwirta menyampaikan penanganan yang dilakukan di Kabupaten Klungkung sudah diselaraskan dengan program pusat maupun provinsi. Penerapan kebijakan prokes menyesuaikan kondisi daerah, melalui keputusan maupun surat edaran. Selain itu, merefocusing dan realokasi anggaran daerah sesuai Keputusan Bersama Menkeu dan Mendagri. Membentuk satgas, sosialisasi termasuk keliling memantau penerapan prokes. “Kami selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan motivasi, agar masyarakat jangan sampai lengah,” ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar