nusabali

Undiksha Gelar PLP Luar Negeri Secara Virtual

  • www.nusabali.com-undiksha-gelar-plp-luar-negeri-secara-virtual

SINGARAJA, NusaBali
Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Luar Negeri tahun 2021.

Program PLP luar negeri kali ini menggandeng Tarlac Agricultural University (TAU) Filipina dan dilaksanakan secara virtual, yang ditujukan untuk mengasah kompetensi mahasiswa.

Ketua Badan Kerjasama dan Kehumasan (BKK) Undiksha, Made Windu Antara Kesiman menjelaskan, PLP luar negeri menjadi salah satu program unggulan Undiksha yang sudah berjalan sejak tahun 2017. Program ini dinaungi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) dan bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di ASEAN.

Program PLP luar negeri dilangsungkan sejak 3 Mei sampai 28 Mei 2021 dan diikuti oleh 3 orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 2 orang mahasiswa Pendidikan Matematika, dan 2 orang mahasiswa Pendidikan Biologi. Mahasiswa ini sebelumnya mengikuti seleksi administrasi, English Proficiency Test (EPT), wawancara Bahasa Inggris, ke-PLP-an dan psikologi.

"Untuk tahun ini, PLP luar negeri tetap berjalan, bekerja sama dengan Tarlac Agricultural University. Ada beberapa tahapan yang harus diikuti mahasiswa untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Pelakasanaan kegiatan semua virtual," jelas Windu Kesiman, pada Selasa (4/5) siang.

Pada program ini, mahasiswa mengawali dengan observasi, kemudian dilanjutkan dengan mengajar terbimbing, mengajar mandiri, dan evaluasi. Tahapan program ini tidak berbeda dengan program yang berlangsung secara tatap muka. Selain itu, mahasiswa juga mengikuti webinar tentang pengajaran.

Windu Kesiman menegaskan, pelaksanaan program ini tidak hanya sebagai bentuk kerjasama Undiksha dengan institusi luar negeri. Namun juga untuk mengasah skill mengajar mahasiswa, mengasah skill berbahasa Inggris, dan mahasiswa bisa mendapatkan wawasan serta pengalaman di kancah internasional.

"Kami berharap terjadi peningkatan skill mahasiswa dalam mengajar dan dalam menggunakan bahasa Inggris akan tercapai. Berharap juga bahwa kegiatan akan mempererat hubungan kerja sama Undiksha dengan mitra, dan kegiatan-kegiatan serupa akan banyak dilaksanakan di masa mendatang," tandas akademisi Fakultas Teknik dan Kejuruan ini. *mz

Komentar