nusabali

Bara Sisa Bakar Babi Guling Picu Kebakaran Gudang

  • www.nusabali.com-bara-sisa-bakar-babi-guling-picu-kebakaran-gudang

TABANAN, NusaBali
Gudang milik I Nyoman Tariarjawa, 53, di Jalan Pulau Nias, Desa Dauh Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan terbakar pada Selasa (4/5).

Kebakaran tersebut diduga karena percikan api dari bara sisa pembakaran babi guling. Peristiwa tersebut tak sampai mengakibatkan korban jiwa.  Kapolsek Tabanan Kompol I Gede Sukanada, menerangkan kebakaran terjadi Selasa pagi sekitar pukul 10.15 Wita. Sebelumnya pukul 04.00 Wita karyawan warung babi guling, I Wayan Soma, melakukan aktivitas membuat babi guling. Setelah itu atau sekitar pukul 05.00 Wita dia sudah selesai melakukan aktivitasnya.

Kemudian bara api bekas babi guling tersebut sudah disiram oleh karyawan tersebut. Karena merasa sudah aman, bangunan dapur tersebut ditinggalkan karyawan untuk membuka warung babi guling yang jaraknya sekitar 30 meter dari dapur.

Namun, sekitar pukul 10.15 Wita, salah satu pengunjung atau pembeli babi guling melihat asap mengepul yang berasal dari bagian belakang dapur tersebut. Pihak warung pun langsung mengecek ke lokasi dan ternyata tempat pembuatan babi guling tersebut sudah terbakar. Melihat hal tersebut, saksi langsung menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Tabanan untuk penanganan. “Jadi awalnya dilihat oleh pengunjung atau warga pembeli babi guling,” ungkap Kompol Sukanada.

Dia melanjutkan, setelah dilaporkan adanya kebakaran, 3 unit mobil damkar langsung terjun ke TKP untuk melakukan penanganan. Penanganan memerlukan waktu sekitar 30 menit. Setelah meminta keterangan saksi, pemilik, serta olah TKP, penyebab kebakaran diduga oleh api bekas pembuatan babi guling yang melalap tumpukan serabut kelapa yang ada di lokasi. “Kebakaran diduga bara api di bangunan tersebut masih ada kemudian melalap tumpukan serabut kelapa,” tegas Kompol Sukanada.

Beruntung akibat kejadian tersebut tak ada korban jiwa. Namun ruangan dapur atau gudang beserta TV bekas yang ada tak bisa diselamatkan. “Kerugian ditaksir Rp 15 juta. Jadi itu memang tempat pembuatan babi guling oleh sebuah warung babi guling di Jalan Pulau Nias Tabanan,” tandas Kompol Sukanada. *des

Komentar