nusabali

Gertak Targetkan 21 Ribu Jiwa Penerima Vaksin

  • www.nusabali.com-gertak-targetkan-21-ribu-jiwa-penerima-vaksin

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta memimpin rapat koordinasi pelaksanaan gerakan serentak (Gertak) vaksinasi Bangli green zone di ruang rapat Krisna Setda Bangli, Senin (3/5).

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli dilibatkan untuk mencapai target 21 jiwa penerima vaksin. Rapat koordinasi juga dihadiri Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, dan Dandim 1626 Bangli Letkol Inf Gde Putu Suwardana.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli, Wayan Dirgayusa menjelaskan, pelaksanaan gertak vaksinasi Bangli green zone dimulai 6 Mei mendatang. Pelaksanaan vaksinasi menyasar 7 desa/kelurahan di Kabupaten Bangli. Ketujuh desakelurahan itu yakni Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli, Desa Apuan Kecamatan Susut, Desa/Kecamatan Tembuku, Desa Kedisan, Desa Batur Tengah, Desa Batur Utara, dan Desa Batur Selatan Kecamatan Kintamani. “Tujuh desa/kelurahan ini merupakan kawasan objek wisata,” ungkap Wayan Dirgayusa.

Dari 7 desa/kelurahan itu ada 21.091 jiwa yang akan menerima vaksin. Pelaksanaan vaksinasi melibatkan OPD di lingkungan Pemkab Bangli. OPD telah dibagi dan memiliki tugas masing-masing. “Secara teknis telah diatur. Masing-masing OPD memiliki peran, mulai dari mengarahkan maupun mendapat calon penerima vaksin hingga pelaksanaan vaksin,” terangnya. Selain itu, OPD juga menyiapkan staf untuk mendukung di masing-masing pos.

Menurut Wayan Dirgayusa yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Bangli, di setiap desa akan dibangun pos-pos untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi. “Pos yang dibangun disesuaikan luas wilayah. Terbanyak satu wilayah membangun 4 pos,” jelas Wayan Dirgayusa. Total ada 20 pos yang akan dibuat untuk pelaksanaan vaksinasi. Target pelaksanaan 5-6 hari sebanyak 200 jiwa. Dengan 20 pos yang ada, dalam kurun waktu tersebut, vaksinasi serentak dapat dituntaskan. “Dari 20 pos yang ada, ditarget vaskinasi tuntas 5-6 hari, dengan menyiapkan 25 ribu vaksin,” imbuhnya. *esa

Komentar