nusabali

Bantu Pemulihan Ekonomi, Bank BPD Bali Buat Rumah Kreatif Bantu UKM–IKM Tabanan

  • www.nusabali.com-bantu-pemulihan-ekonomi-bank-bpd-bali-buat-rumah-kreatif-bantu-ukm-ikm-tabanan

TABANAN, NusaBali
Untuk membangkitkan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Bank BPD Bali yang berkolaborasi dengan Tabanan Hub melaunching rumah kreatif di Kantor Bank BPD Bali Jalan Gunung Batur, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan pada Jumat (30/4).

Rumah kreatif BPD Bali Tabanan Hub dibuat sebagai wadah bagi usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di seluruh Tabanan. Di rumah kreatif ini, UKM dan IKM tak hanya bisa memasarkan produk, tetapi juga sebagai base camp untuk bertukar pikiran menjadi entrepreneur (wirausaha) sukses.

Pantauan di lapangan seluruh IKM dan UKM di Tabanan dihadirkan untuk memasarkan produk mereka. Produk IKM dan UKM Tabanan banyak bergerak di bidang kuliner, fashion, kerajinan hingga perlengkapan upacara. Peresmian rumah kreatif Bank BPD Bali Tabanan Hub dilakukan oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan rumah kreatif tersebut dibuat untuk mewadahi IKM dan UKM seluruh Tabanan sebagai tempat bertukar pikiran. Apalagi sekarang di tengah pandemi Covid-19 aktivitas lebih banyak lewat dunia digital.

“Kami memfasilitasi rumah kreatif tersebut untuk mempermudah dalam memasarkan produk atau menyebarluaskan produk. Sekarang adalah dunia digital, produk yang dihasilkan dari desa tetap bisa bersaing,” ujar Nyoman Sudharma usai acara.

Menurut Nyoman Sudharma, rumah kreatif dibuat sebagai salah satu upaya membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Seperti diketahui pandemi Covid-19 sekarang membuat Bali yang mengandalkan pariwisata sangat terdampak dalam hal pertumbuhan ekonomi. “Kegiatan ini kami lakukan juga serangkaian dengan HUT ke–59 BPD Bali,” imbuh Nyoman Sudarma.

Dia menambahkan, rumah kreatif tersebut dibuat berkolaborasi dengan Tabanan Hub. Tabanan Hub adalah gabungan dari 7 asosiasi bisnis di Tabanan. Termasuk juga berkolaborasi dengan masyarakat dan UMKM di Tabanan. “Kami berharap dengan adanya rumah kreatif ini, dapat menguatkan pertumbuhan ekonomi di Bali dan Tabanan,” tegasnya.

Di sisi lain Nyoman Sudharma mengungkapkan untuk membantu masyarakat dalam membangun ekonomi kreatif, Bank BPD Bali juga sudah bekerjasama dengan toko modern untuk membuka warung digital. Tujuannya di tengah pandemi ini masyarakat tetap bisa kreatif dan tumbuh berkarya. “Kita sudah bekerjasama, bagi masyarakat yang ingin membuka warung digital, BPD Bali siap membantu,” tandas Nyoman Sudharma.

Bupati Sanjaya mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD Bali atas dibuatnya rumah kreatif tersebut. Terlebih sekarang zaman sudah digital dalam memasarkan produk. “Untuk itu, meskipun di tengah pandemic, saya berharap IKM dan UKM Tabanan dapat memanfaatkan rumah kreatif yang baru diresmikan ini,” tuturnya.  

Bahkan, kata Bupati Sanjaya, dengan hadirnya IKM dan UKM mengenalkan produk dalam ajang peresmian rumah kreatif tersebut, akan sangat membantu dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). Apalagi saat dia meninjau sendiri ratusan IKM dan UKM, ada beragam varietas unggulan Tabanan. “Seperti kopi cipir ini contohnya, ini pertama kali saya lihat, bahannya adalah sayuran dijadikan kopi, ini luar biasa sekali,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap IKM dan UKM Tabanan, setiap ada kegiatan akan selalu dilibatkan. “Acara seperti ini akan dilakukan reguler, karena kegiatan seperti ini membantu pemilihan PEN. Di samping itu dari segi permodalan, Bank BPD Bali sudah komitmen mendukung, dan kita pemerintah membantu di sisi regulasi sehingga dalam membantu IKM dan UKM ini berkolaborasi,” tandas politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, ini.

Sementara itu Ketua Komite Tabanan Hub I Gusti Ngurah Raka Sumarjawa mengungkapkan Tabanan Hub ini adalah gabungan dari 7 asosiasi bisnis di Tabanan. Mulai dari Kadin Tabanan, Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Tabanan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Tabanan, JCI (Junior Chambers International) Tabanan, ICSB (International Council for Small Business) Tabanan, Bakti Tabanan, dan NCPI (Nawa Cita Pariwisata Indonesia). Dengan adanya rumah kreatif ini diharapkan pelaku IKM dan UKM di Tabanan dapat memanfaatkan dengan baik. “Di rumah kreatif ini sudah ada fasilitas lengkap, mereka kita manfaatkan dan bersinergi bangun Tabanan,” kata Gusti Sumarjawa.

Usai acara peresmian rumah kreatif ini, juga diisi dialog dan seminar dengan narasumber Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dan Direktur Utama Bank BPD Bali Nyoman Sudharma, serta sejumlah narasumber lainnya yang bergerak di bidang IKM dan UKM. *des

Komentar