nusabali

Anggota DPRD Tabanan Berguru ke Klungkung

  • www.nusabali.com-anggota-dprd-tabanan-berguru-ke-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra menerima kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Kabupaten Tabanan, di ruang rapat Praja Mandala, Jumat (30/4).

Kehadiran 40 anggota dewan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Ni Made Melani, ini dalam rangka memperoleh dan bertukar informasi guna meningkatkan wawasan dan kinerja DPRD Kabupaten Tabanan.

Sejumlah hal menjadi bahasan dalam sesi dialog, di antaranya mengenai perubahan ketentuan terkait kebijakan izin mendirikan bangunan (IMB) menjadi persetujuan bangunan gedung (PBG), penataan toko modern berjejaring, strategi peningkatan PAD, dan persiapan belajar mengajar tatap muka.

“Saya pribadi merasa sangat tersanjung, karena kunjungan kerja kami bisa diterima dan berbincang langsung dengan Bupati Klungkung. Ini pertama kalinya kunjungan kerja kami diterima oleh seorang bupati,” kata perwakilan Komisi III DPRD Tabanan Anak Agung Nyoman Darma Putra.

Bupati Suwirta mengapresiasi kehadiran seluruh anggota dewan yang telah memilih Klungkung sebagai lokasi kunker. Tentang IMB, Bupati Suwirta mengatakan saat ini Klungkung telah memiliki Peraturan Bupati tentang izin bersyarat, dan dengan LO (Legal Opinion). “Dengan izin bersyarat, pemkab bisa menggandeng warga yang sudah terlanjur membangun dan bisa menarik pajak,” ujar Bupati Suwirta.

Terkait toko modern, Bupati Suwirta menegaskan tidak akan membuka izin baru bagi toko modern berjejaring, serta tidak akan memperpanjang izin toko modern yang sudah habis masa berlakunya.

“Seluruh warung kecil hingga toko modern juga dilarang memajang produk rokok hingga iklan rokok,” tegasnya.

Keberhasilan Pemkab Klungkung meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) hingga 200 persen juga menarik perhatian anggota DPRD Tabanan. Menurut Bupati Suwirta, Klungkung berhasil meningkatkan PAD berkat pembangunan yang difokuskan pada titik ungkit yakni Nusa Penida. Karena potensi Nusa Penida pula pariwisata jadi sangat berkembang, bahkan jika Covid-19 tidak melanda, Bupati Suwirta yakin akan bisa menyaingi pendapatan kabupaten besar lainnya di Bali yang lebih dulu maju.

“Namun pada tahun 2020 ini telah mengalami penurunan pendapatan seperti daerah lainnya akibat dampak pandemi Covid-19,” tutur Bupati Suwirta. *wan

Komentar