nusabali

Keren, Cara Komunitas Otomotif XMOC Bali Rawat Kebhinekaan

  • www.nusabali.com-keren-cara-komunitas-otomotif-xmoc-bali-rawat-kebhinekaan

DENPASAR, NusaBali.com – Toleransi di Pulau Dewata patut diacungi jempol. Seperti yang dilakukan oleh komunitas otomotif XMOC (Yamaha XMax Owners Community) Bali pada Jumat (30/4/2021) sore.

Kumpulan pengguna motor matic bongsor XMax 250 cc ini menggelar kegiatan kumpul bareng dengan bagi-bagi takjil (kudapan pembuka saat berbuka puasa) dan buka puasa bersama yang diadakan di DDS Yamaha Bali Jalan Diponegoro, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat. “Kegiatan ini hanya disiapkan dalam dua hari, ternyata antusias peserta  sangat besar. Dari target 30 orang, ternyata diikuti 70 orang,” kata Ketua XMOC Bali, Gusti Gede Winasa. 

'Kolektor' berbagai motor Yamaha ini menyebut kegiatan di bulan Ramadan yang menjadi bulan suci bagi umat muslim diharapkan makin mempererat komunitas XMOC Bali yang terdiri dari berbagai macam suku, etnis dan latar belakang.  “Kegiatan klub ini menunjukkan kebhinekaan atau keberagaman anggota bukan menjadi penghalang untuk kompak dan bersatu,” kata Winasa yang  juga dikenal aktif menggerakkan komunitas motor Yamaha XSR ini.

Terbukti saat bagi-bagi takjil, semua anggota XMOC terlihat antusias.   “Setelah bagi-bagi takjil untuk warga yang melintas di depan DDS Yamaha Bali, digelar acara buka puasa atau makan bersama . Dan bagi teman muslim dilakukan salat Maghrib berjamaah,” urai Winasa.

Saat ini anggota XMOC Bali atau biasa dilafalkan dengan kata ‘Semok Bali’  mencapai 200an anggota dari berbagai wilayah di Pulau Dewata, dengan basis terbesar di Denpasar dan Badung.  “Sebenarnya masih banyak yang mendaftar ingin hadir dalam acara sore ini, tapi begitu jumlah peserta sudah mencapai 70 orang, terpaksa kami tutup,” kata Winasa yang juga tercatat sebagai pemilik pertama motor ala Sultan Yamaha MT-09  di Bali yang berbanderol Rp 295 juta.

Antusias peserta kumpul bareng XMOC Bali itu pun harus melewati prosedur kesehatan (prokes) sebelum memasuki areal acara. “Setiap orang wajib membasuh tangan, handsanitizer, cek temperatur, dan tentu saja mengenakan masker,” kata Promotion DDS Yamaha Bali, Andri Fistulariyanto.

Kegiatan bagi takjil yang dirangkai dengan buka puasa bersama itu pun disambut positif oleh Andri yang mengikuti rangkaian acara. “Ini menunjukkan harmonisnya anggota klub  dengan latar belakang berbeda,” kata Andri.

Sementara itu Iqbal Maricar, salah seorang anggota XMOC Bali yang menjalankan ibadah puasa mengaku senang dengan kegiatan yang dimulai sejak pukul 17.00 Wita tersebut. “Sebenarnya acara ini justru digagas oleh rekan-rekan nonmuslim. Saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan XMOC Bali dan Yamaha DDS Bali atas terselenggaranya acara yang semakin membuat kompak ini,” ujar sosok yang malang-melintang di dunia otomotif, khususnya roda dua ini. *mao

Komentar